VITAMIN TERBAIK UNTUK PENCEGAHAN RAMBUT RONTOK

VITAMIN TERBAIK UNTUK PENCEGAHAN RAMBUT RONTOK

Banyak orang memandang rambut yang tampak sehat sebagai tanda kesehatan atau kecantikan. Seperti bagian tubuh Anda yang lain, rambut membutuhkan beragam nutrisi untuk menjadi sehat dan tumbuh. Faktanya, banyak kekurangan nutrisi terkait dengan kerontokan rambut. Sementara faktor-faktor seperti usia, genetika dan hormon juga memengaruhi pertumbuhan rambut, asupan nutrisi yang optimal adalah kuncinya. Di bawah ini adalah 5 vitamin dan 3 nutrisi lain yang mungkin penting untuk pencegahan rambut rontok.

1. Vitamin A

Semua sel membutuhkan vitamin A untuk pertumbuhan. Ini termasuk rambut, jaringan yang tumbuh paling cepat di tubuh manusia. Vitamin A juga membantu kelenjar kulit membuat zat berminyak yang disebut sebum. Sebum melembabkan kulit kepala dan membantu menjaga kesehatan rambut. Kekurangan diet vitamin A dapat menyebabkan beberapa masalah, termasuk rambut rontok. Meskipun penting untuk mendapatkan cukup vitamin A, terlalu banyak mungkin berbahaya.

Studi menunjukkan bahwa overdosis vitamin A juga dapat berkontribusi pada kerontokan rambut. Ubi jalar, wortel, labu, bayam dan kangkung semuanya mengandung beta-karoten yang tinggi, yang diubah menjadi vitamin A. Vitamin A juga dapat ditemukan dalam produk hewani seperti susu, telur, dan yogurt. Minyak hati ikan kod adalah sumber yang sangat baik. Anda juga dapat menemukan suplemen vitamin A online.

2. B-Vitamin

Salah satu vitamin yang paling dikenal untuk pertumbuhan rambut adalah vitamin B yang disebut biotin. Studi mengaitkan defisiensi biotin dengan kerontokan rambut pada manusia. Meskipun biotin digunakan sebagai alternatif perawatan rambut rontok, mereka yang kurang memiliki hasil terbaik. Namun, kekurangan sangat jarang terjadi karena terjadi secara alami di berbagai makanan. Ada juga kurangnya data tentang apakah biotin efektif untuk pertumbuhan rambut pada individu yang sehat.

Vitamin B lainnya membantu membuat sel darah merah, yang membawa oksigen dan nutrisi ke kulit kepala dan folikel rambut. Proses ini penting untuk pertumbuhan rambut. Anda bisa mendapatkan vitamin B dari banyak makanan, termasuk biji-bijian, kacang almond, daging, ikan, makanan laut, dan sayuran hijau. Selain itu, makanan hewani adalah satu-satunya sumber vitamin B12 yang baik. Jadi jika Anda mengikuti diet vegetarian atau vegan, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen. Anda dapat menemukan suplemen vitamin B online.

3. Vitamin C

Kerusakan radikal bebas dapat menghambat pertumbuhan dan menyebabkan rambut Anda menua. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi terhadap stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, tubuh Anda membutuhkan vitamin C untuk membuat protein yang dikenal sebagai kolagen – bagian penting dari struktur rambut. Vitamin C juga membantu tubuh Anda menyerap zat besi, mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Stroberi, paprika, jambu biji, dan buah jeruk adalah sumber vitamin C yang baik.

4. Vitamin D
Kadar vitamin D yang rendah dikaitkan dengan alopecia, istilah teknis untuk kerontokan rambut. Penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin D dapat membantu menciptakan folikel baru – pori-pori kecil di kulit kepala tempat rambut baru tumbuh. Vitamin D dianggap berperan dalam produksi rambut, tetapi sebagian besar penelitian berfokus pada reseptor vitamin D. Peran aktual vitamin D dalam pertumbuhan rambut tidak diketahui.

Karena itu, kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup vitamin D dan mungkin masih merupakan ide bagus untuk meningkatkan asupan Anda. Tubuh Anda menghasilkan vitamin D melalui kontak langsung dengan sinar matahari. Sumber makanan yang baik dari vitamin D termasuk ikan berlemak, minyak ikan cod, beberapa jamur dan makanan yang diperkaya. Suplemen vitamin D tersedia online.

5. Vitamin E

Mirip dengan vitamin C, vitamin E adalah antioksidan yang dapat mencegah stres oksidatif. Dalam sebuah penelitian, orang-orang dengan kerontokan rambut mengalami peningkatan 34,5% dalam pertumbuhan rambut setelah ditambah dengan vitamin E selama 8 bulan. Kelompok plasebo hanya mengalami peningkatan 0,1%. Biji bunga matahari, almond, bayam dan alpukat adalah sumber vitamin E yang baik. Anda juga dapat menemukan suplemen vitamin E secara online.

6. Besi

Zat besi membantu sel darah merah membawa oksigen ke sel Anda. Ini menjadikannya mineral penting bagi banyak fungsi tubuh, termasuk pertumbuhan rambut. Kekurangan zat besi, yang menyebabkan anemia, adalah penyebab utama kerontokan rambut. Ini sangat umum pada wanita. Makanan tinggi zat besi termasuk kerang, tiram, telur, daging merah, bayam dan lentil. Suplemen zat besi tersedia online.

7. Zinc

Seng berperan penting dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan rambut. Ini juga membantu menjaga kelenjar minyak di sekitar folikel bekerja dengan baik. Rambut rontok adalah gejala umum dari kekurangan seng. Studi menunjukkan suplemen seng mengurangi rambut rontok yang disebabkan oleh kekurangan seng. Namun, ada beberapa laporan anekdotal bahwa suplemen dengan dosis yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Untuk alasan ini, mungkin lebih baik untuk mendapatkan seng Anda dari makanan utuh. Makanan yang mengandung banyak zinc termasuk tiram, daging sapi, bayam, bibit gandum, biji labu dan lentil.

8. Protein

Rambut hampir seluruhnya terbuat dari protein. Mengkonsumsi cukup penting untuk pertumbuhan rambut. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kekurangan protein dapat menurunkan pertumbuhan rambut dan bahkan menyebabkan rambut rontok. Namun, kekurangan protein yang sebenarnya sangat jarang terjadi di negara-negara Barat.

Makanan adalah sumber vitamin terbaik yang Anda butuhkan untuk pertumbuhan rambut. Namun, jika Anda gagal mendapatkan cukup diet Anda, suplemen mungkin bermanfaat. Menurut penelitian, suplemen bekerja paling baik pada individu yang sudah kekurangan. Selain itu, vitamin dan mineral dalam dosis besar bisa berbahaya jika Anda tidak kekurangan. Jadi, bekerja dengan dokter untuk menentukan apakah Anda memiliki kekurangan atau tidak. Pada akhirnya, cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi ini adalah dengan mengonsumsi makanan berbasis makanan seimbang yang mencakup banyak makanan padat nutrisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *