Tips dan Trik Cara Menghilangkan Tahi Lalat dengan Aman

Tips dan Trik Cara Menghilangkan Tahi Lalat dengan Aman

Tanda hitam berupa tahi lalat di area wajah menjadi sesuatu yang mengganggu bagi sebagian orang. Berikut adalah tips dan trik cara menghilangkan tahi lalat dengan aman.

Tahi lalat merupakan suatu bentuk yang menempel dan menyatu di pemukaan kulit, berwarna hitam dan terkadang disertai dengan adanya tonjolan seperti daging. Benda tersebut menjadi suatu yang mengganggu bagi sebagian orang, sehingga sebagian orang akan melakukan beragam cara menghilangkan tahi lalat dengan aman. Perlu Anda ketahui bahwa tak semua tahi lalat hadir semenjak Anda dilahirkan, namun ada juga yang muncul seiring dengan pertumbuhan tubuh. Sehingga tak dapat dipungkiri bahwa letak tahi lalat pun bisa di area-area yang tidak terduga.

Jika Anda merasa terganggu akan kehadiran tahi lalat tersebut di area kulit atau wajah Anda. Saat ini Anda dapat menghilangkannya melalui berbagai cara, namun kami sarankan Anda tetap memilih jalur aman saja. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik cara menghilangkan tahi lalat dengan aman tanpa menimbulkan efek samping. Penasaran? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Hal-Hal Seputar Tahi Lalat

Tahi lalat menjadi suatu benda yang lumrah berada di kulit manusia. Hampir semua orang tentu memilikinya, meski pun letak dan posisinya berbeda-beda tentu dengan ukuran yang berbeda pula. Namun apa sebenarnya tahi lalat dan bagaimana cara menghilangkan tahi lalat dengan aman ketika dirasa cukup mengganggu? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

         1. Apa Itu Tahi Lalat?

Tahi lalat adalah suatu benda berwarna hitam kecoklatan yang menempel di permukaan kulit. Tahi lalat tersebut dapat tumbuh sejak lahir maupun seiring dengan pertumbuhan. Jumlah normal tahi lalat dalam tubuh adalah sekitar 10 hingga 40 buah. Bentuknya sendiri tidak beraturan, ada yang berbentuk bulat, lonjong dan lainnya. Umumnya tahi lalat sendiri terbagi menjadi dua macam, yakni tahi lalat yang hidup karena menonjol layaknya daging dan tidak. Tempat tumbuhnya tahi lalatpun tidak bisa diprediksi sehingga setiap orang besar kemungkinan berbeda-beda letaknya.

        2. Penyebab Munculnya Tahi Lalat

Mungkin sebagian dari Anda penasaran bagaimana cara munculnya tahi lalat dalam tubuh dan apa saja penyebabnya. Sekadar tambahan informasi untuk Anda, menurut para ahli penyebab munculnya tahi lalat adalah adanya melanosit yang tidak menyebar secara sempurna di kulit, sehingga terkumpul di satu titik dan membentuk pigmen di permukaan kulit.

        3. Bahaya Tidaknya Tahi Lalat

Secara umum tahi lalat tidaklah berbahaya bagi kesehatan. Namun, Anda tetap harus waspada jika menemukan karakteristik tahi lalat yang tidak seperti biasanya karena bisa jadi hal tersebut merupakan tanda-tanda kanker kulit melanoma. Adapun ciri yang dimaksud yakni bentuk tahi lalat tidak simetris dengan permukaan tepian kasar dan tidak rata. Selanjutnya diamteter tahi lalat pun tidak wajar yakni lebih dari 6mm. Jika Anda mendapati beberapa hal-hal tersebut maka ada baiknya Anda memeriksakan segera ke dokter.

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Dengan Aman dan Alami

Meski dianggap wajar jika seseorang memiliki sebuah tahi lalat di wajah atau kulit. Namun ada juga sebagian orang yang merasa kurang percaya diri dengan hadirnya tahi lalat karena letaknya kurang strategis. Untuk mengembalikan kepercayaan diri Anda kembali, silakan simak beberapa cara menghilangkan tahi lalat dengan aman berikut ini.

       1. Pemakaian Bawang Putih

Hal pertama yang bisa Anda coba adalah mengaplikasikan bawang putih yang mempunyai khasiat untuk mengurangi produksi melanin dalam tubuh. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengupas bawang putih dan mengirisnya menjadi beberapa potongan kecil. Usapkan potongan bawang putih tersebut pada permukaan tahi lalat. Selanjutnya rekatkan potongan bawang putih tersebut dengan menggunakan plaster. Diamkan hingga 4 sampai 5 jam dan bersihkan setelahnya. Ulangi langkah tersebut tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

        2. Aplikasikan Lidah Buaya

Lidah buaya memang memiliki manfaat yang positif bagi tubuh. Salah satunya adalah sebagai cara menghilangkan tahi lalat dengan aman. Efek menenangkan yang dihasilkan oleh lidah buaya juga mampu memberikan ketenagan pada penggunanya. Langkah yang perlu Anda lakukan yakni mengambil gel lidah buaya tersebut untuk selanjutnya diaplikasikan ke permukaan kulit yang terdapat tahi lalatnya. Selanjutnya, perban area tersebut selama kurang lebih tiga jam. Bersihkan permukaan kulit dan ulangi langkah tersebut selama tiga kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

       3. Manfaatkan Kulit Pisang

Anda menyukai buah pisang? Eits jangan terburu untuk membuang kulitnya ya. Karena kulit pisang ini merupakan salah satu cara menghilangkan tahi lalat secara alami tanpa bekas loh.  Seperti yang Anda ketahui tahi lalat terkadang menjadi pengganggu bagi sebagain orang karena mengurangi rasa percaya diri. Namun, kini Anda dapat memanfaatkan bagian dalam kulit pisang ini untuk selanjutnya diaplikasikan pada area yang dimaksud. Setelahnya silakan Anda diamkan selama 1 jam dan bersihkan kemudian.

       4. Penggunaan Madu

Madu merupakan salah satu bahan alami yang memiliki manfaat positif bagi tubuh. Salah satunya sering digunakan sebagai cara menghilangkan tahi lalat dengan aman. Anda hanya perlu mengoleskan madu murni ke area yang terdapat tahi lalatnya. Perban area tersebut dan diamkan. Ulangi langkah tersebut setiap pagi dan malam selama kurang lebih enam minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah itu dapat dipastikan bahwa tahi lalat di permukaan kulit Anda akan memudar dengan sendirinya.

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Tanpa Efek Samping Secara Medis

Yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa tahi lalat terbagi menjadi dua yakni tahi lalat hidup dan tidak. Terdapat cara menghilangkan tahi lalat dengan aman untuk jenis pertama yakni menggunakan bantuan medis. Berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda jadikan referensi.

       1. Bedah Laser

Cara menghilangkan tahi lalat tanpa efek samping yang pertama adalah dengan menggunakan bedah laser. Hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih prosedur ini adalah mengunjungi dokter spesial bedah yang kompeten. Jangan coba-coba untuk melakukannya sendiri karena dapat menyebabkan pendarahan dan infeksi.

       2. Bedah Listrik

Pilihan selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan bedah listrik. Gambaran singkatnya adalah tahi lalat di permukaan kulit akan dibakar dengan menggunakan bantuan alat medis tertentu. Namun Anda tidak usah khawatir, pembakaran yang dimaksud adalah dengan membakar jaringan kulit. Anda akan mendapatkan obat bius terlebih dahulu untuk mengurangi rasa sakit dan menurunkan risiko pendarahan.

        3. Bedah Beku

Cara menghilangkan tahi lalat dengan aman yang ketiga adalah bedah beku dengan memanfaatkan nitrogen cair. Bagian tahi lalat tersebut akan disemprotkan cairan nitrogen dingin. Mungkin akan menimbulkan bekas setelahnya, namun Anda tidak usah kahwatir karena akan menghilang dengan sendirinya.

Nah itu dia penjelasan rinci mengenai cara menghilangkan tahi lalat dengan aman. Terdapat langkah-langkah yang bisa Anda pilih, namun pastikan untuk memeriksa sensitifitas kulit Anda juga agar terhindar dari alergi maupun hal buruk lainnya. Periksakan secara mendalam pada dokter spesialis kulit. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *