Tea Tree Oil Yang Baik Untuk Tubuh

Tea Tree Oil Yang Baik Untuk Tubuh

Ternyata tea tree oil memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi kulit anda. Artikel ini akan membahas tentang tea tree oil yang baik untuk tubuh.

Minyak pohon teh atau yang lebih dikenal dengan Tea trea oil, disebut juga dengan nama latin Australia melaleuca alternifolia. pohon teh yang digunakan untuk membuat Tea trea oil berbeda dengan tanaman teh yang digunakan untuk membuat minuman teh hitam atau teh hijau. Tea tree oil yang baik untuk tubuh karena banyak mengandung secawa yang berkasiat.

Tea trea oil adalah tanaman asli dari suku Aborigin Australia, sejak 100 tahun lalu sudah digunakan sebagai minyak anti inlflamasi dan antiseptik. Tea trea oil ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Tea trea oil bisa dijadikan sebagai produk perawatan kulit, dan juga bisa digunakan sebagai produk rumah tangga.

Manfaat Tea tree oil pada zaman dahulu adalah dengan meremas daunnya, lalu mengoleskan minyak yang keluar dari remasan ke kulit untuk mengobati luka atau infeksi. Penelitian mengemukakan bahwa tea tree oil mengandung benzoil peroxyde yang berguna untuk menghilangkan jerawat. Anti bakteri di dalam Tea trea oil dapat membersihkan jerawat sampai ke akarnya.

Manfaat Tea Tree Oil Yang Baik Untuk Tubuh

Manfaat tea tree oil tentunya sangat banyak, baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan. Berikut ini beberapa manfaat tea tree oil bagi tubuh:

    1. Untuk mengobati jerawat

Tea trea oil  dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit yakni jerawat. Karena di dalam Tea trea oil mengandung zat benzoil peroksida. Keunggulan adalah tidak timbulnya efek samping seperti kulit kering, memerah, dan mengelupas. Cara menggunakan tea trea oil untuk mengobati jerawat adalah dengan mencampurkan 5 tetes Tea trea oil dengan dua sendok teh madu. aduk dan oleskan pada bagian kulit yang berjerawat. Tunggu hingga 5-10 menit, dan bilas dengan air hangat.

    2. Menghilangkan Bau Badan

Manfaat selanjutnya yakni menghilangkan bau badan, bagi anda yang merasa memiliki bau badan yang menyengat, sehingga menjadikan anda kurang percayadiri, tea trea oil dapat mengatasi permasalahan bau badan anda. Anda hanya perlu mencampurkannya dengan minyak kelapa ditambah dengan baking soda. Aduk rata, dan oleskan ke bagian ketiak, atau ke bagian tubuh yang sering mengeluarkan bau yang tidak sedap. Rutin gunakan ramuan ini minimal sebelum tidur diamkan selama satu malam dan bilas dengan air dingin saat pagi hari.

    3. Untuk mengobati ketombe dan merawat kesehatan rambut

Tidak hanya untuk jerawat dan bau badan, terbukti juga bermanfaat bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. Tea trea oil memiliki kemampuan untuk menghilangkan ketombe, menenangkan kulit mati yang mengelupas pada rambut, dan dapat menghilangkan kutu rambut.

Cara menggunakannya adalah dengan membuat shampoo dari ekstrak Anda bisa membuat shampo dari ekstrak tea trea oil yakni campurkan 10 tetes cairan Tea trea oil, dengan gel lidah buaya, dan santan 3 sendok teh. Gunakan sebanyak dua hari sekali. Rutinlah keramas dengan menggunakan shampoo ini agar hasil dapat terlihat maximal.

            4. Meredakan Gatal

Tea tree oil yang baik untuk tubuh yaitu sebagai anti inflamasi juga dapat digunakan sebagai pereda gatal akibat eksim dan psoriasis kulit. Cara mengunakanya adalah dengan mencampurkan 5 tetes tea tree oil, 1 sendok makan minyak kelapa, dan 2 tetes ekstrak lavender. Aduk dan simpan dalam wadah kecil, lalu gunakan saat kamu merasakan gatal pada kulit.

            5. Pembersih luka

Tahukah anda bahwa tea tree oil juga dapat digunakan sebegai penyembuh luka, penelitian mengatakan bahwa Tea tree oil dapat 11 kali lebih efektif daripada fenol, atau bahan bahan kimia yang biasnaya digunakan sebagai disinfektan. Bila anda atau orang terdekat anda terluka, dan dalam keadaan tersebut anda tidak memiliki fenol atau barang sejenis lainya, anda bisa menggunakan tea tree oil sebagai alternatif pemberihan luka.

            6. Perawatan kulit berminyak

Manfaat Tea tree oil yang lain yakni menghilangkan kelebihan minyak pada kulit karena mengandung astrigen. Bagi anda yang memiliki kulit berminyak, anda bisa menggunakan Tea tree oil  sebagai solusi atas pemasalah kulit anda, karena kulit berminyak dapat menjadikan pori-pori kulit membesar dan berdampak pada timbulnya jerawat.

Tea tree oil juga bisa diaplikasikan dalam bentuk toner atau lotion. Produk toner yang mengandung tea tree oil ini sangat cocok bagi kulit berminyak.  Selain toner dan lotion, anda juga bisa mencampurkan tea tree oil keproduk perawatan anda lainnya seperti pelembab atau masker.

            7. Kutil di penis

Tea tree oil yang memiliki kandung antibakteri, antijamur, dan antivirus yang dapat memerangi virus HPV si penyebab kutil di penis. Walauun begitu, penggunanan manfaat Tea tree oil ini juga harus tetap memperhatikan instruksi dan diawasi oleh dokter.

            8. Sebagai Hand Sanitizer

Ternyata Tea tree oil juga dapat digunakan sebagai pembersih tangan atau biasa disebut sebagai hand sanitizer. Penelitian memebuktikan bahwa Tea tree oil dapat membunuh bakteri-bakteri seperti S. pneumoniae, E. coli, dan H.  Penelitian membuktikan bahwa mencuci tangan dengan Tea tree oil memberikan hasil signifikan terhadap berkurangnya bakteri berbahaya.

            9. Melawan bakteri, virus dan jamur

Karena mengandung antivirus dan anti bakteri maka Tea tree oil melalui sebuah penelitian dibuktikan bahwa Tea tree oil memiliki kemampuan untuk  dapat menghambat pertumbuhan bakteri Escherichiacoli, Haemophilus, influenzae, Pseudomonas aeruginosa, Streptococcus pyogenes, dan beberapa bakteri lainya.

            10. Menghilangkan kutu rambut

Tidak hanya sebagai solusi masalah ketombe anda, ternyata tea tree oil juga dapat digunakan untuk membasi kutu rambut. Menurut penelitian tea tree oil bermanfaat untuk membunuh kutu rambut dan menghilangkan telurnya.

Efek Samping Penggunaa Tea Tree Oil

Namun ternyata penggunaan Tea tree oil tidak boleh sembarangan, karena dapat mengakibatkan efek samping bila digunakan secara sembarangan. Berikut efek samping yang mungkin saja timbul dari penggunaan Tea tree oil:

            1. Muntah, lemas, pusing.

Bila anda menggunakan tea tree oil dengan cara meminumnya langsung melalui mulut Anda. Anda bisa saja menderita pusing, lemas, ruam merah di sekujur tubuh, atau bahkan sampai pada koma, karena tidak pernah ada aturan yang menganjurkan mengkonsumsi Tea tree oil langsung dari pohonnya.

            2. Kulit kering, gatal terbakar.

Anda perlu memperhatikan bagaiamana sifat kulit anda sebelum memilih untuk menggunakan Tea tree oil. Jika Anda memiliki kulit sensitif, tea tree oil dapat memberikan efek kering, gatal, menyengat dan terbakar. Efek ini adalah peringatan bahwa kulit anda tidak cocok dengan produk berbahan tea tree oil.

Demikian artikel tentang manfaat tea tree oil yang baik untuk tubuh semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *