Tanda Awal Kehamilan Yang Paling Gampang Dikenali

Tanda Awal Kehamilan Yang Paling Gampang Dikenali

Terdapat tanda – tanda awal kehamilan yang terjadi dan tidak disadari para calon ibu. Berikut ini adalah penjelasan tanda awal kehamilan yang paling gampang dikenali.

Memiliki momongan adalah salah satu cita – cita terbesar yang di inginkan oleh setiap pasangan. Adapun jika sudah mengalami kehamilan, ada beberapa – beberapa tanda awal yang bisa anda mati jika istri anda sedang hamil. Hal ini bisa anda amati agar anda bisa memastikan bahwa istri anda sedang hamil. Apa saja tanda – tandanya yang bisa diamati saat terjadi kehamilan. Berikut ini adalah penjelasan tentang tanda awal kehamilan yang paling gampang dikenali untuk anda yang ingin memperhatikannya.

8 Tanda Awal Kehamilan Yang Paling Gampang Dikenali

Terkadang saat awal – awal hamil, tanda – tandanya masih samar apakah hamil atau tidak. Oleh karena itu terdapat tanda – tanda yang bisa dibaca untuk memastikan bahwa istri anda benar – benar hamil. Tanda – tanda ini bisa dikenali dengan jelas sebenarnya jika anda memang benar – benar memperhatikan. Oleh karena itu akan dijelaskan secara ringkas dan jelas tentang tanda awal kehamilan yang paling gampang dikenali. Pastikan ada beberapa tanda yang bisa anda kenali sehingga anda bisa memberanikan diri untuk bertanya pada istri anda atau memeriksakan istri anda ke dokter untuk hasil yang lebih pasti. Berikut ini penjelasannya.

         1. Tidak Mengalami Menstruasi

Adapun tanda awal yang sangat terkenal atau dapat dikenali dengan pasti dari tanda awal kehamilan yang paling gampang dikenali adalah tidak mengalami haid atau menstruasi. Namun hal ini juga bisa menjadi tanda yang abu – abu. Adapun tanda – tanda ini bisa memberikan berita positif karena bisa saja istri anda memang hamil. Namun ada pula tidak mengalami menstruasi bisa saja menandakan bahwa istri anda mungkin saja sedang telat menstruasi. Oleh karena itu jika pada saat telat menstruasi, bisa di cek menggunakan tes pack kehamilan untuk lebih pastinya lagi. Jika memberikan tanda positif, maka anda sudah harus bersiap untuk memiliki anak.

        2. Perubahan pada Payudara

Tanda yang satu ini bisa dirasakan oleh anda jika mengalami kehamilan. Jika sudah hamil, biasanya payudara akan mulai menyesuaikan diri karena nantinya payudara akan menjadi sumber makanan bagi momongan anda. Oleh karena itu perubahan pada payudara biasanya menjadi tanda awal kehamilan yang paling gampang dikenali yang dapat dirasakan langsung oleh wanita. Hal ini terjadi karena perubahan hormon estrogen dan progesteron untuk menyiapkan makanan berupa air susu di payudara wanita yang sedang hamil. Adapun seperti terjadi perubahan ukuran payudara yang ditandai dengan adanya rasa sakit dan sensitif pada payudara. Oleh karena itu jika merasakan hal ini bisa saja menjadi salah satu tanda awal kehamilan.

        3. Terlau Sering Buang Air Kecil

Kemudian salah satu tanda awal kehamilan yang paling gampang dikenali adalah sering buang air kecil. Adapun penyebab terjadinya sering buang air kecil adalah dikarenakan janin yang tumbuh di dalam rahim sering menekan kandung kemih sehingga menyebabkan seringnya buang air kecil. Kemudian selain itu, hormon juga mempengaruhi terjadinya buang air kecil. Jika hal ini terjadi, maka yang perlu anda lakukan adalah penuhi asupan minum air putih anda sehingga ana tidak mengalami dehidrasi. Pastikan pula anda tidak minum yang mengandung kafein karena bersifat diuretik bagi ibu hamil.

        4. Nafsu Makan Meningkat atau menurun

Lalu salah satu tanda awal kehamilan yang paling gampang dikenali yang cukup terkenal adalah nafsu makan yang meningkat. Hal ini terjadi karena pada dasarnya saat hamil awal, janin membutuhkan banyak nutrisi agar dapat terbentuk dengan baik dan sempurna. Kemudian nafsu makan yang meningkat ini juga ada pula yang sebaliknya. Bisa jadi nafsu makan malah menjadi menurun karena adanya morning sickness yang membuat sang calon ibu menjadi susah dan tidak ingin makan. Jika hal ini terjadi maka disarankan untuk langsung konsultasi ke dokter untuk mendapatkan solusi yang terbaik terkait perubahan nafus makan yang meningkat ataupun berkurang.

         5. Peka terhadap Aroma

Ada salah satu tanda awal kehamilan yang paling gampang dikenali yaitu peka terhadap aroma. Kepekaan terhadap aroma ini bisa membuat para wanita yang sedang hamil akan sangat terganggu jika menemui bau yang tidak sedap. Kepekaan indra penciuman ini terjadi karena adanya peningkatan pada hormon estrogen. Jika hal ini terjadi, biasanya inilah yang menandakan adanya kehamilan walaupun belum tentu benar selain mengeceknya ke dokter. Kemudian kepekaan dalam mencium aroma terjadi saat pada trisemester awal kehamilan. Jika hal ini terjadi dan kebanyakan mencium aroma tidak sedap, maka salah satu cara yang membantu adalah dengan memberikan aroma terapi di sekeliling rumah.

         6. Mual dan Muntah

Kemudian yang menjadi salah satu tanda awal kehamilan yang paling gampang dikenali adalah adanya mual di pagi hari. Biasanya gejala ini dikenal dengan nama morning sickness. Gejala ini terjadi karena adanya hormon HCG yang berada di aliran darah dan kandung kemih secara tiba – tiba. Jika terjai peningkatan pada hormon tersebut, hal inilah yang menjadi penyebab utama mual dan muntah di pagi hari. Hal ini biasanya berbeda bagi setiap wanita yang sedang hamil. Ada yang hanya di trisemester awal, ada pula yang bisa mengalaminya sepanjang kehamilan. Oleh karena itu jika hal ini terjadi maka perlu diperhatikan sang ibu hamil.

        7. Mudah lelah dan gampang ngantuk

Salah satu tanda awal kehamilan yang paling gampang dikenali adalah mudah lelah dan mengantuk. Hal ini wajar karena makanan yang dikonsumsi pun dibagi berdua dengan sang anak. Kemudian perubahan hormon juga terjadi selama masa proses kehamilan. Lalu organ – organ pada tubuh bekerja dua kali lipat sehingga membuat wanita yang sedang hamil menjadi lebih lelah dari biasanya. Efek dari kelelahan ini adalah menjadi mudah mengantuk dan rasa ingin tidur menjadi lebih besar. Pada akhirnya, rasa lelah dan mengantuk juga akan dialami oleh wanita yang sedang hamil menjadi lebih besar seiring dengan berjalannya masa kandungan.

        8. Mood Swing

Hormon HGC yang mempengaruhi terjadinya morning sickness juga menyebabkan hal lainnya yang menjadi salah satu tanda awal kehamilan yang paling gampang dikenali. Adapun hormon terebut juga membuat mood dari ibu yang sedang hamil mudah berubah – ubah. Hal ini juga terjadi karena kelelahan dan hal – hal lainnya sehingga mood menjadi lebih mudah berubah sangatlah wajar. Oleh karena itu bagi para suami harus lebih siaga lagi dengan kebutuhan sang ibu hamil ketika sedang terjadi perubahan mood. Perubahan mood juga biasanya ditandai dengan sensitivitas yang tinggi sehingga akan cenderung mudah menangis jika ada hal – hal yang tidak sesuai dengan perasaannya.

Itulah beberapa tanda awal kehamilan yang paling gampang dikenali. Semoga bisa membuat anda menjadi lebih waspada lagi dengan tanda–tanda ini sekaligus mempersiapkan diri untuk bertambahnya anggota keluarga baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *