Penyebab Pori Pori Membesar Pada Wajah

Penyebab Pori Pori Membesar Pada Wajah

Apa penyebab pori-pori membesar? Ada dua kemungkinan yang menyebabkan pori-pori membesar yaitu karena gen dan kebiasaan tidak sehat yang mungkin Anda lakukan.

Jika bicara mengenai dunia kecantikan, ada banyak hal atau materi yang bisa dibahas dengan tuntas dengan cara unik dan menarik. Salah satunya tentang pori-pori. Apakah Anda tahu bahwa ada banyak masyarakat atau warganet yang penasaran dengan penyebab pori-pori membesar di bagian wajah.

Hal ini bisa menjadi hal wajar, namun bisa juga karena faktor-faktor yang salah yang seharusnya tidak boleh dilakukan. Karena banyak yang bertanya-tanya dan penasaran akan hal ini, maka topik mengenai penyebab mengapa pori-pori membesar ini termasuk suatu hal yang sangat menarik untuk dibahas.

Menurut para dokter atau ahli kecantikan, ada banyak sekali hal yang menyebabkan masalah pembesaran pori-pori pada wajah, baik itu berasal dari bawaan genetik maupun dari faktor luar yang dapat berpengaruh nyata dan akan menjadi penyebab pori-pori membesar. Dengan adanya permasalahan ini, diperlukan suatu cara yang efektif dan aman bagi kesehatan kulit itu sendiri. Oleh sebab itu, informasi mengenai kecantikan terutama masalah pori-pori sangat banyak dicari oleh netizen terutama dari kalangan wanita.

Penyebab Masalah Pori-Pori Membesar

Terkadang, masalah kondisi pori-pori yang terlalu besar pada wajah sangat mengganggu seseorang dalam beraktifitas karena merasa risih dan tidak percaya diri untuk tampil di depan publik. Oleh sebab itu diperlukan penanganan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Langkah awal dalam penanganan tersebut dengan mengetahui penyebab yang bisa memicu pori-pori semakin membesar. Adapun beberapa penyebabnya yang mungkin bisa Anda kurangi atau hentikan yaitu dengan cara berikut ini :

  1. Jarang membersihkan wajah

Salah satu penyebab mengapa pori-pori wajah menjadi besar yaitu Anda jarang sekali membersihkan wajah ketika habis make up atau saat hendak tidur. Karena apabila Anda terus menerus melakukan hal tidak sehat ini, maka kemungkinan besar bahwa pori-pori wajah akan tambah membesar.

Menjaga kulit wajah adalah suatu keharuan, terutama bagi kaum wanita. Mengapa demikian? Karena kegiatan merawat kulit wajah merupakan investasi di masa yang akan datang agar tetap terlihat muda walaupun usia sudah tak muda lagi. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang lebih rajinlah dalam membersihkan wajah agar pori-pori tidak membesar.

  1. Keseringan mencuci muka dengan sabun pembersih

Penyebab pori-pori membesar diantaranya yaitu melakukan pembersihan wajah secara terus menerus dan beberapa kali dalam sehari. Pembersih muka memang bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan debu agar wajah menjadi bersih, akan tetapi apabila penggunaannya tidak beraturan dan sering dilakukan maka yang terjadi adalah sebaliknya.

Hal tersebut dikarenakan memang pemakaian pembersih wajah sudah ada aturannya yaitu 2 kali dalam sehari, maka apabila Anda melebihi pemakaian yang terjadi bisa saja pori-pori pada wajah akan semakin besar.

  1. Pemakaian make up berlebih

Tahukan Anda bahwa ternyata pemakain make up yang berlebihan dapat mengakibatkan pembesaran pori-pori pada kulit wajah. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus, maka dampak yang ditimbulkan akan semakin jelas terlihat.

Karena make up adalah salah satu penyebab pori-pori membesar, maka penggunaan make up jangan terlalu berlebihan agar tidak meninggalkan bekas berupa pori-pori membesar. Apabila pori-pori pada wajah terlihat, maka hal tersebut akan menurunkan kepercayaan diri dan sangat mengganggu Anda.

  1. Terlalu lama berada di terik matahari

Sinar matahari memang sangat dibutuhkan oleh seluruh makhluk di muka bumi ini, termasuk juga manusia. Akan tetapi, apabila Anda berada terlalu lama di terik sinar matahari maka hal tersebut sangat tidak baik bagi kulit. Sinar uv yang dihasilkan oleh sinar matahari dapat menyebabkan beberapa gejala yang tidak baik untuk kulit, diantaranya kulit bisa menjadi hitam, iritas bahkan terbukanya pori-pori wajah sehingga menjadi lebih besar.

  1. Minyak wajah berlebih

Biasanya penyebab pori-pori membesar yang biasa dirasakan oleh sebagian orang diakibatkan karena kelebihan minyak pada wajah atau bisa disebut kulit berminyak. Kulit berminyak pada wajah mayoritas lebih rentan terhadap pembesaran pori-pori karena apabila pori-pori tidak mampu mengeluarkan minyak yang berlebih ini, maka akan tersumbat pada kulit yang merupakan penyebab pori-pori membesar.

Inilah mengapa kulit wajah yang memproduksi minyak berlebih juga tidak baik dan harus dicegah. Walaupun pada dasarnya, kulit mengeluarkan minyak secara alami untuk melindungi wajah dari bahaya kulit kekeringan.

  1. Faktor genetik

Salah satu faktor penyebab pori-pori membesar yang mungkin sulit untuk diatasi adalah karena faktor genetik. Faktor genetik merupakan faktor bawaan atau faktor keturunan. Untuk mengatasi masalah ini mungkin Anda bisa konsultasi dengan pakar kesehatan kulit atau pakar kecantikan. Karena merupakan faktor keturunan, maka tidak hanya Anda dalam keluarga yang mengalami masalah ini karena biasanya kakak atau adik Anda juga mengalami hal yang sama.

  1. Tidak memakai tabir surya

Pada umumnya untuk mencegah kulit terkena radiasi matahari yang bisa menjadi penyebab pori-pori membesar, sebagian orang menggunakan anti radiasi atau sunblok ketika akan beraktifitas di luar ruangan. Sinar matahari yang mengandung uv memang sangat berbahaya bagi kesehatan kulit manusia terutama kulit wajah yang rentan terpapar sinar matahari. Oleh sebab itu, usahakan selalu memakai lotion tabir surya agar kulit wajah dan kulit tubuh Anda tetap aman.

  1. Sering memencet komedo

Komedo memang sangat mengganggu penampilan jika berlebih. Anda akan sangat risih jika komedo bermunculan setelah melakukan aktifitas. Nah, biasanya sebagian orang lebih suka menghilangkan komedo dengan cara yang tidak baik yaitu dengan memencet komedo menggunakan jari.

Padahal kebiasaan ini sangat berbahaya bagi kulit karena bisa meninggalkan bekas luka atau hitam pada kulit. Selain itu, dengan memencet komedo secara terus-menerus maka akan menyebabkan pori-pori kulit semakin membesar. Jika hal tersebut terjadi, maka debu dan kotoran akan mudah masuk ke dalam pori-pori yang akan menyebabkan iritas atau kerusakan kulit.

  1. Tidak menggunakan pelembab

Pelembab merupakan alat kecantikan atau jenis kosmetik yang bisa membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan terawat. Pelembab ini juga sangat baik bagi Anda yang memang mempunyai tekstur kulit berpori-pori besar karena dapat menutupi seluruh wajah dengan baik.

Dengan rajin menggunakan pelembab, maka kulit akan tampak lebih elastis dan halus sehingga pori-pori yang besar akan tersamarkan. Oleh sebab itu, jangan pernah bosan untuk merawat kulit wajah Anda setiap hari.

  1. Terlalu sering menggunakan pembersih komedo

Di zaman sekarang ini kecantikan menjadi hal yang sangat penting terutama bagi wanita. Dengan teknologi yang semakin canggih, maka telah ditemukan alat penghilang komedo dengan cara mudah dan praktis.

Akan tetapi, ada beberapa efek samping yang ditimbulkan jika Anda terlalu seriing menggunakan alat ini. salah satu akibatnya yaitu pembesaran pada pori-pori wajah. Sehingga cara yang tepat adalah jangan terlalu sering menggunakan alat ini untuk membuat kulit wajah Anda tetap halus dan cantik.

Beberapa penyebab pori-pori membesar pada wajah telah diuraikan di atas, oleh karena itu mulailah menghentikan kebiasaan buruk di atas untuk mendapatkan kulit wajah mulus tanpa pori-pori besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *