Penyebab dan Cara Mengobati Sering Terjadi Leher Sakit Akibat Salah Bantal

Penyebab dan Cara Mengobati Sering Terjadi Leher Sakit Akibat Salah Bantal

Ketika bangun tidur leher Anda sakit? Wah sepertinya Anda harus segera mengetahui penyebab dan cara mengobati ketika sering terjadi leher sakit akibat salah bantal.

Leher sakit ketika bangun tidur menjadi suatu hal yang lumrah. Namun apa jadinya jika sering terjadi leher sakit akibat salah bantal? Sepertinya Anda harus segera bertindah sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sembari mencari solusi, sudahkah Anda tahu apa saja penyebab leher sakit selepas bangun tidur?. Jika belum artikel ini sangat cocok untuk Anda baca dan pahami dengan baik.

Penyebab dan cara mudah mengobati salah bantal saat ini tengah banyak dicari oleh masyarakat. Pasalnya hal tersebut biasanya sering ditemui pada seseorang yang baru saja bangun tidur. Agar menjawab rasa penasaran Anda bagaimana teknik mengobati sering terjadi leher sakit akibat salah bantal. Berikut ini akan disajikan pembahasannya secara lengkap dan terperinci untuk dapat Anda jadikan referensi.

Mengenal Apa Itu Salah Bantal?

Salah bantal atau sering disebut sebagai otot kejang/ otot ditarik adalah suatu kondisi dimana otot pada bagian tubuh mengalami kaku dan cenderung sulit untuk digerakkan. Kondisi ini dapat diderita oleh siapa saja, namun sering-seringnya ditemui pada orang dewasa. Bagian ototnya pun bisa saja di area tubuh manapun, akan tetapi lebih sering ditemui pada bagian otot punggung, leher dan bahu. Terdapat beragam cara mudah mengobati salah bantal, namun banyak yang belum mengetahui teknisnya.

Penggunaan istilah salah bantal untuk kondisi muscle strain atau otot kejang tak lain disebabkan karena penyebab utama terjadinya kondisi tersebut adalah kesalahan penggunaan bantal. Posisi bantal yang terlalu tinggi dapat menyebabkan gejala serupa. Belum lagi jika posisi tubuh Anda ketika tidur jarang diubah, besar kemungkinan sering terjadi leher sakit akibat salah bantal akan semakin besar.

Penyebab Sering Terjadi Leher Sakit Akibat Salah Bantal

Sakit leher memang menjadi suatu jenis penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat. Meski tergolong wajar jika penanganannya tidak dilakukan dengan segera, bukan tidak mungkin jika akan semakin parah. Sebelum mengenal cara menyembuhkan bantal secara alami, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu penyebab sering terjadi leher sakit akibat salah bantal tersebut. Simak penjelasannya berikut ini.

        1. Sering Bekerja di Depan Komputer

Jika Anda adalah seorang yang bekerja di kantoran, tentu sering berhadapan dengan komputer. Selain risiko terserang radiasi mata, tahukah Anda bahwa risiko leher sakit juga semakin tinggi? Ketika posisi badan terlalu membungkuk ke arah layar komputer aatu terlalu intens menatap layar tersebut, besar kemungkinan tubuh akan merasakan sakit leher sangat tinggi. Hal ini lah yang menjadi salah satu penyebab sering terjadi leher sakit akibat salah bantal.

       2. Posisi Tidur yang Salah

Posisi tidur seseorang turut menentukan kualitas tidurnya. Namun, ketika posisi tersebut tidak diubah selama semalaman justru yang ada Anda akan mengalami sakit pada bagian leher. Misalnya saja, ketika Anda tidur dengan posisi tengkurap hingga pagi Anda tidak berpindah posisi sama sekali maka ancaman leher sakit pasti akan terjadi. Belum lagi jika Anda menggunakan bantal yang terlalu tinggi, hal ini juga turut menjadikan leher Anda semakin sakit.

       3. Kerusakan Sendi di Leher

Penyebab lain yang semakin memperparah sering terjadi leher sakit akibat salah bantal adalah adanya kerusakan sendi pada leher. Kerusakan tersebut berupa pengapuran atau osteoarthritis.  Hal ini menyebabkan penderita akan mengalami rasa nyeri yang mengganggu di bagian leher.

       4. Cedera

Kondisi leher sakit lainnya dapat disebabkan karena cidera. Hantaman tajam tulang leher pada benda tumpul akibat kecelakaan, olahraga atau sejenisnya dapat menyebabkan leher menjadi sakit dan cedera. Jadi, dapat dipastikan bahwa sakit leher tak hanya murni karena salah bantal saja.

        5. Otot Area Leher Menegang

Penyebab kelima merupakan hal yang sering dialami oleh masyarakat pada umumnya. Terlalu sering membaca dengan posisi tengkurap, sering menggertakkan gigi dan sering membungkuk merupakan penyebab sering terjadinya leher sakit akibat salah bantal.

       6. Saraf Kejepit

Ketika leher pegal akan lebih relax ketika digerakkan ke kanan dan kiri. Namun, siapa sangka jika hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya saraf kejepit. Saraf kejepit ini merupakan suatu kondisi dimana saraf mengalami luka dan posisinya terjepit di area tulang. Hal ini sangat berisiko bagi penderitanya jika tidak segera ditangani dengan baik.

Cara Menyembuhkan Salah Bantal Secara Alami

Setelah mengetahui penyebab terjadi leher sakit akibat salah bantal. Saat ini Anda akan diajak untuk mengetahui bagaimana cara mengobati salah bantal. Selengkapnya dapat Anda simak pada penjelasan berikut ini.

        1. Perbanyak Istirahat dan Latihan Gerak

Hal pertama yang bisa Anda lakukan ketika mengalami kondisi tersebut adalah memperbanyak istirahat. Anda dapat menopang leher yang sakit dengan bantal yang nyaman dan tepat. Usahakan untuk jangan menggunakan bantal terlalu tinggi karena dapat memicu kambuhnya sakit tersebut. Disamping itu, Anda pun bisa mencoba untuk melatih gerakan di area leher pelan-pelan agar bisa menyesuaikan kondisinya.

       2. Mengompres Menggunakan Es Batu

Jika kondisi tersebut Anda derita atau orang terdekat Anda mengalami sering terjadi leher sakit akibat salah bantal, ada baiknya Anda melakukan pengompresan dengan air es atau es batu selama tiga hari pertama. Untuk selanjutnya Anda dapat menggunakan botol yang berisi air hangat untuk mengompres area tersebut agar dapat mengurangi rasa sakit dan nyerinya.

       3. Memijat Area Leher yang Sakit

Untuk suatu kondisi tertentu, Anda bisa memijat area yang sakit secara perlahan. Namun meski demikian Anda harus tetap berhati-hati. Pasalnya tidak semua sakit leher berasal dari kesalahan penggunaan bantal, ada penyebab lain seperti saraf kejepit, cedera dan lainnya. Untuk kejadian tersebut lebih baik untuk dilakukan oleh para ahli agar dapat ditangani dengan baik dan tidak memperparah kondisi.

       4. Oleskan Balsem

Sering terjadi leher sakit akibat salah bantal, Anda dapat mengurangi rasa sakit yang timbul dengan mengoleskan balsem. Hawa panas yang tersebar akibat olesan balsem tersebut dapat mengurangi rasa sakit yang timbul dan dapat mengurangi ketegangan otot di area leher.

       5. Lakukan Senam Leher

Cara menyembuhkan salah bantal secara alami lainnya adalah dengan melakukan senam leher. Gerakannya sendiri sangat mudah dan sederhana, yakni Anda hanya perlu menggerakkan kepala ke kanan dan kekiri disertai dengan gerakan memutar kepala. Hal ini berguna untuk meregangkan otot di area leher dan memperlancar aliran darah, sehingga tubuh akan terasa lebih relax dan terbebas dari leher sakit.

Nah itu dia penjelasan rinci mengenai penyebab dan cara mengobati sering terjadi leher sakit akibat salah bantal. Terdapat beragam jenis sakit leher, untuk itu Anda harus mengenali dengan baik penyebabnya untuk bisa memilih langkah tepat penanganannya. Tetap jaga diri dan kondisi tubuh karena kesehatan tubuh merupakan investasi yang mahal harganya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *