Penggunaan Collagen Dipakai Setiap Hari, Amankah?

Penggunaan Collagen Dipakai Setiap Hari, Amankah?

Agar kulit terlihat lebih sehat dan bersih, beberapa orang lebih memilih untuk megonsumsi kolagen secara rutin. Namun, amankah collagen dipakai setiap hari?

Amankah collagen dipakai setiap hari? Mungkin hal tersebut yang saat ini tengah menjadi pertimbangan khusus bagi Anda. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa collagen merupakan suatu jenis protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain berguna untuk kecantikan, kolagen pun sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang. Hal tersebut mendasari banyaknya produk suplemen collagen yang ada di pasaran saat ini. Agar Anda dapat memahami segala informasi yang berkaitan dengan kolagen termasuk untuk mengetahui jawaban apakah collagen aman dipakai setiap hari. Untuk itu, silakan Anda dapat menyimak pembahasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Mengenal Apa Itu Collagen

Kesehatan kulit dan tubuh merupakan suatu hal yang benar-benar harus dijaga dan diperhatikan dengan baik. Selain rutin oleahraga dan banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin. Terdapat suplemen lain yang dapat menunjang kesehatan tubuh, salah satunya adalah suplemen collagen. Lantas apa itu sebenarnya collagen dan amankah collagen dipakai setiap hari? Selengkapnya dapat Anda simak pada uraian berikut ini.

        1. Definisi Collagen

Mungkin sebagian besar dari Anda sudah tidak asing dengan istilah kolagen. Namun, bagi Anda yang masih awam, sebagai tambahan informasi bahwa kolagen adalah suatu protein alami berupa asam amino yang menempel dalam sel tubuh. Protein tersebut biasanya dapat ditemui pada beberapa bagian seperti tulang, otot, kulit, pembuluh darah maupun sistem pencernaan.

       2. Fungsi Collagen untuk Tubuh

Meski diproduksi oleh tubuh, namun keberadaan protein berupa kolagen tersebut tidaklah bertahan lama. Biasanya seiring dengan bertambahnya usia maka produksi kolagen dalam tubuh pun kian berkurang. Sehingga hal ini akan berpengaruh pada beberapa fungsi tubuh, seperti munculnya penyakit ostheoporosis, penuaan dini, kulit menjadi kendur dan kusam dan hal lainnya. Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan beragam vitamin seperti A, E, C dan protein sebagai pembentuk kolagen. Anda dapat menemui beragam sumber penghasil kolagen pada beberapa jenis makanan seperti sayur, buah, kacang-kacanagn dan dagung tanpa lemak.

        3. Jenis Suplemen Kolagen

Setelah menyimak beberapa jenis makanan yang membantu pembentukan kolagen, ada baiknya Anda pun menyimak sumber lain yang dapat membantu menutrisi tubuh Anda. Salah satunya melalui pengonsumsian suplemen kolagen. Terdapat beberapa jenis suplemen kolagen yang ada di pasaran seperti dalam bentuk pil, suntik maupun krim atau salep. Masing-masing memiliki fungsi tersendiri, misalnya untuk jenis suplemen kolagen berupa pil dapat digunakan untuk meringankan gejala osteoarthritis. Untuk mengetahui cara penggunaan beserta dosis pemakaian silakan Anda dapat mengonsultasikannya pada dokter.

Efek Samping Mengonsumsi Suplemen Collagen

Suplemen kolagen sangat membantu pembentukan kolagen dalam tubuh. Sudah Anda ketahui dengan pasti bukan jika tubuh sangat tergantung dengan adanya kolagen. Namun, adalah efek samping yang terjadi ketika Anda rutin mengonsumsi suplemen kolagen. Jawaban mengenai amankah collagen dipakai setiap hari dapat Anda simak pada penjelasan berikut ini.

       1. Reaksi Hipersensitivitas

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit alergi akan suatu makanan, dapat dipastikan sangat rentan untuk mengalami rekasi hipersensitivitas. Biasanya jenis suplemen kolagen yang berasal dari telur beserta turunannya, ikan tuna kaleng dan lain sebagainya untuk beberapa orang dapat menimbulkan reaksi alergi. Untuk itu, memang diharuskan bagi Anda ketika akan mengonsumsi suplemen harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

       2. Meningkatkan Kalsium

Hiperkalsemia merupakan suatu kondisi dimana tubuh mengalami reaksi berlebih akibat pengonsumsian suplemen kolagen yang berasal dari tulang rawan ikan hiu dan sebagainya. Normalnya kadar kalsium dalam tubuh seseorang berkisar antara 8,5 hingga 10,2 mg/dl. Jika lebih dari standar tersebut maka dapat menimbulkan konstipasi, nyeri tulang, kelelahan, mual dan lain sebagainya.

       3. Bau Mulut

Bagi Anda yang sudah sering mengonsumsi suplemen kolagen mungkin sudah tidak asing dengan aroma yang dihasilkan. Ya, mengonsumsi suplemen kolagen memang menjadikan mulut menjadi bau. Untuk itu, dianjurkan ketika mengonsumsi kolagen tersebut sebaiknya Anda memadukan dengan jus.

       4. Kulit Lebih Lembut

Efek samping lainnya yang dapat Anda terima ketika mengonsumsi suplemen kolagen adalah kulit tubuh menjadi lebih lembut. Tak daapt dipungkiri seiring dengan bertambahnya usia, kulit tubuh akan semakin kusam akibat tubuh tidak lagi memproduksi kolagen. Untuk menunjang kesehatan tubuh tersebut Anda dianjurkan untuk mengonsumsi aneka jenis makanan yang dapat memicu pertumbuhan kolagen. Jika tidak dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen kolagen.

       5. Atasi Penuaan Dini

Sepertinya Anda sudah tidak perlu lagi menanyakan amankah collagen dipakai setiap hari atau tidak. Pasalnya manfaat suplemen kolagen dalam tubuh memang sudah tidak diragukan lagi. Akibat rutin mengonsumsi kolagen, tubuh akan memproduksi kolagen lebih banyak sehingga kulit akan terhindar dari penuaan dini.

       6. Kenyang Lebih Lama

Tahukah Anda bahwa rutin mengonsumsi suplemen kolagen ternyata dapat menekan rasa kenyang dalam tubuh Anda loh. Anda cukup menambahkan setidaknya dua sendok bubuk kolagen dalam makanan yang akan Anda santap. Dengan begitu, Anda sudah bisa menambah kurang lebih 20 gram protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda pun bisa saja mengkombinasikannya dengan aneka minuman lain, seperti kopi maupun susu. Jadi, Anda sudah tidak udah ragu lagi terkait amankah collagen dipakai setiap hari, karena sudah pasti sangat aman untuk kesehatan tubuh.

       7. Mampu Atasi Radang Sendi

Apakah Anda mempunyai riwayat penyakit sendi sebelumnya? Jika iya, maka jangan khawatir, karena Anda saat ini bisa mulai mengonsumsi kolagen setiap hari agar radang sendi Anda bisa teratasi dengan baik. Tidak ada aturan khusus terkait dosis pemakaiannya, yang penting Anda dapat rutin mengonsumsinya.

Lantas, Amankah Collagen Dipakai Setiap Hari?

Setelah menyimak penejelasan sebelumnya, sudahkah Anda tertarik untuk mengonsumsi kolagen setiap harinya? Dapat Anda simpulkan dari pembahasan di atas bahwa pernyataan amankah collagen dipakai setiap hari adalah sangat aman dengan beberapa catatan khusus tentunya. Meskipun aman untuk digunakan setiap hari, namun ada baiknya sebelum Anda mengonsumsinya harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini didasari atas kondisi seseorang yang beragam, terlebih bagi seseorang yang rentan terkena alergi maka harus benar-benar diawasi dengan ketat jenis makanan yang masuk dalam tubuh. Disamping itu, saat ini pun banyak beredar produk tiruan yang kurang mempunyai kredibilitas. Sehingga sudah tentu jika dikonsumsi oleh seseorang yang awam, maka dapat berpengaruh pada efektivitas produk bahkan bisa jadi menimbulkan efek samping yang kurang baik.

Nah itu dia penjelasan rinci mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kolagen serta penjelasan untuk menjawab pertanyaan amankah collagen dipakai setiap hari. Sudah disimpulkan bahwa kolagen aman digunakan namun tetap harus memperhatikan beberapa hal sebelum mengonsumsinya. Untuk itu, Anda harus teliti sebelum membeli dan konsultasikanlah dengan dokter sebelum mulai mengkonsumsinya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *