Menghitung Berat Badan Ideal

Menghitung Berat Badan Ideal

Belum tahu bagaimana cara menghitung berat badan ideal yang akan membuat penampilanmu menjadi lebih percaya diri? Ini dia informasinya.

Baik pria maupun wanita sekarang ini menginginkan bentuk tubuh yang ideal sehingga tidak terlalu kurus maupun gemuk. Ketika memiliki berat badan yang ideal maka akan menambahkan tingkat rasa percaya diri pada diri Anda. Nah, bagaimana cara menghitung berat badan ideal? Ternyata memang terdapat rumus untuk menghitungnya dengan cepat loh. Tetapi, ketahui lagi ya bahwa bentuk tubuh ideal memang sangatlah subjektif sehingga tidak semua orang bisa menilai bentuk tubuh Anda sudah ideal karena masing-masing orang memiliki kriteria sendiri.

Sebenarnya, tak perlu khawatir mengenai berat badan ideal karena yang harus diperhatikan kondisi kesehatan tubuh. Jika terlihat ideal tetapi tidak sehat maka akan mengganggu Anda dalam beraktivitas. Jika kalian termasuk orang yang mengharuskan memiliki berat badan yang ideal maka bisa mengetahui menghitung berat badan ideal terlebih dahulu kemudian mulai mengatur pola makan dan aktivitas setiap hari agar memiliki berat badan ideal.

Menghitung Berat Badan Ideal Sesuai Dengan Tinggi Badan

Sudahkah Anda mengetahui cara menghitung berat badan yang ideal? Cara pertama ini disesuaikan dengan menghitung berat badannya sesuai dengan tinggi badan, ini dia informasinya.

  1. Kalkulator BMI

Ketahuilah bahwa kalkulator BMI ini digunakan untuk menghitung kalkulasi berat badan dengan tinggi badannya sehingga memberikan jumlah yang ideal atau termasuk ke badan kurus maupun gemuk. Belum tahu cara menghitung berat badan dengan kalkulator BMI? Ini dia informasinya.

  • Untuk Umur Diatas 20 Tahun

Jadi, jenis kalkulator BMI ini dikhususkan untuk usia 20 tahun ke atas sehingga untuk usia di bawah 20 tahun tidak dapat mengukur berat badan idel menggunakan kalkulator tersebut. Selain itu, kalkulator yang satu ini juga tidak diperbolehkan untuk olahragawan atau atlet. Hal tersebut dikarenakan kalkulator BMI juga memperhitungkan massa otot sehingga hasilnya bisa saja salah.

  • Angka Normal Kalkulator BMI

Ketahuilah untuk angka normal BMI berkisar mulai dari 18,7 hingga 25. Apabila angka BMI terletak di atas 25 maka hal tersebut menunjukan bahwa berat badan Anda tidak ideal. Bahkan, bisa menjadi petunjuk bahwa Anda memiliki sakit kanker, jantung, maupun diabetes.

Tetapi, jika angka kalkulator BMI menunjukan di bawah 18 maka akan memberikan petunjuk adanya resiko osteoporosis sehingga Anda harus mengubah pola hidup dan pola makan agar berat badan menjadi ideal.

  • Cara Menghitungnya

Untuk rumus menghitung dari kalkulator BMI yaitu,

Berat tubuh ideal = Berat badan : (tinggi badan)² (m)

Contohnya, jika Anda memiliki berat badan 47 kg kemudian tingginya 1,63 cm maka cara menghitungnya yaitu:

47 : (1,63) ² = 17.8

Dari hasil perhitungan berat badan idel tersebut berarti Anda belum ideal sehingga harus menaikkan sedikit berat badan dengan merubah pola makan atau pola kehidupan lebih sehat.

  1. Menggunakan Rumus Brosca

Apabila menghitung berat badan ideal menggunakan kalkulator BMI tergolong cukup sulit maka Anda dapat menggunakan rumus brosca loh. Tentunya, cara menghitungnya memang lebih mudah. Ini dia cara menghitungnya.

  • Angka Normal 18.5-25

Tak jauh berbeda dengan menghitung berat badan idel menggunakan kalkulator BMI. Ternyata menggunakan rumus Brosca juga harus memiliki berat badan normal yaitu 18.5 sampai dengan 25.

Apabila berada di bawah 17 maka Anda termasuk sebagai orang yang kekurangan berat badan, jika di atas 25 maka sudah termasuk kelebihan berat badan yang masih ringan. Sedangkan, jumlah sudah di atas 40 maka termasuk kategori kelebiha badan yang berbahaya.

  • Rumus Brosca untuk berat badan laki-laki

Untuk menghitung berat badan ideal laki-laki dan perempaan ternyata berbeda loh. Nah, untuk menghitung berat badan laki-laki yaitu selisih tinggi badan dengan tinggi badan yang telah dikalikan 10%. Namun nilai tinggi badan pada rumus tersebut semuanya telah dikurangi 100.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Anak

Selain mengetahui cara menghitung berat badan ideal untuk orang dewasa maka ketahui juga caranya menghitung berat badan untuk anak. Ini dia penjelasannya untuk Anda.

  1. Usia 1 – 10 tahun

Untuk menghitung berat badan ideal usia 1 sampai 10 tahun yaitu memiliki rumus berat badan ideal = 2.n + 8 dengan keterangan (n) adalah umur anak dalam tahun.

Contohnya, umur anak 3 tahun 4 bulan maka hitung saja (2 x 3.4)+8 = 14.8

Tentunya cara mengitungnya sangat mudah bukan? dibandingkan cara lainnya maka cara tersebut maka sangatlah mudah.

Hal yang harus diperhatikan mengenai tahun dan bulannya, jadi ketika anak berumur 3 tahun 10 bulan maka dikonversikan 3,10 kemudian dikali dua maka hasilnya menjadi 6.20 yang dibaca 6 tahun 20 bulan. Begitu seterusnya kemudian di tambahkan dengan angka yang sudah paten yaitu angka 8.

  1. Usia 0-12 bulan

Nah, untuk menghitung berat badan ideal anak usia 0-12 bulan ternyata berbeda lagi loh. Anda dapat menggunakan rumus {umur (bulan) :2} + 4. Contohnya, ketika anak berumur 5 bulan maka hasilnya menjadi = (5:2) + 4 = 2.5 + 4 = 6.5 kg. Menghitung berat badan idealtersebut ternyata tergolong mudah bukan? Jadi Anda hanya perlu membagi umur bulan dengan angka dua kemudian ditambahkan dengan angka patennya yaitu angka 4.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Ibu Hamil

Ketahui pula cara menghitung berat badan ideal untuk ibu hamil yang cukup mudah. Ini dia rumus untuk menghitungnya.

BBIh = BBI + (UH x 0.35)

Ketahui untuk BBIh adalah Berat Badan Ibu hamil, BBI yaitu Berat badan ideal, UH yaitu Umur kehamilan dalam minggu kemudian 0,35 adalah Tambahan berat badan kg per-minggu. Jika masih bingung maka ketahui cara menghitungnya di bawah ini.

Ibu hamil yang memiliki tinggi badan 155 cm dengan umur kehamilan 27 maka berat badan idealnya adalah?

Jadi, dapat diketahui berat badan ideal untuk Ibu hamil di atas adalah 56.2 kg. Mudah bukan? Anda hanya perlu mengaplikasikannya dalam rumus tersebut. Tetapi, jika dianggap ribet dan rumit sebaiknya tanyakan kepada dokter untuk mengetahui berat badan yang ideal. Jika di bawah dari berat badan ideal tersebut maka ibu hamil di atas harus mengubah pola makan maupun pola aktivitasnya sehingga berat badannya menjadi ideal.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menghitung berat badan ideal untuk orang dewasa, balita, maupun ibu hamil yang memiliki rumus berbeda-beda sehingga cara menghitungnya juga berbeda. Berat badan memang hal yang penting untuk dijaga, tetapi jangan sampai melakukan diet terlalu ketat untuk mendapatkannya ya. Tumbuh yang sehat dengan rajin berolahraga serta menjaga pola makan sudah cukup untuk dilakukkan. Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *