Menghilangkan  Jerawat Pasir Dengan Bahan-Bahan Alami

Menghilangkan Jerawat Pasir Dengan Bahan-Bahan Alami

Jerawat pasir yang jumlahnya yang sangat banyak memanglah mengganggu penampilan. Simaklah artikel berikut mengenai cara menghilangkan jerawat pasir sebagai berikut.

Jerawat masih menjadi permasalahan kulit nomor 1 yang paling sulit dihilangkan. Terutama bagi remaja, jerawat selalu menjadi permasalahan utama yang kerap kali mengganggu penampilan. Secara umum, jerawat disebabkan oleh kondisi wajah yang berminyak, pori-pori tersumbat dan menyebabkan kotoran susah keluar, faktor hormonal, dan faktor genetic. Dia memiliki banyak jenis, salah satunya yang akan kita bahasa adalah jerawat pasir. Jika jerawat pada umumnya berukuran besar dan meradang, jerawat ini entuknya kecil menyerupai pasir namun jumlahnya banyak dan bisa terjadi pada siapa saja. Menghilangkan jerawat pasir ini termasuk susah-susah gampang. Anda perlu telaten dan sabar untuk mendapatkan wajah yang benar-benar bersih.

Penyebab Munculnya Jerawat

Jerawat paling banyak muncul di area dahi dan pipi dan penyebabnya juga sangat beragam. Secara umum, jerawat bisa datang karena hal-hal berikut ini:

  1. Malas membersihkan wajah

Faktor utama munculnya jerawat adalah kondisi wajah yang kotor dan jarang dibersihkan. Tanpa disadari, kegiatan sehari-hari seperti pergi kepasar, ke kantor atau kemanapun akan membuat debu dan polusi menemple dengan mudah. Kegiatan ini akan menimbulkan tumpukan kotoran yang akan menyebabkan bakteri tumbuh dengan mudah. Oleh karena itu, rajin-rajinlah membersihkan wajah sesaat setelah beraktivitas, terutama sebelum tidur. Mengapa sebelum tidur? Karena pada saat tidur di malam hari, kulit akan beregenerasi lebih cepat daripada saat siang hari. Maka, kotoran yang tidak dibersihkan akan mengendap dan menjadi jerawat.

  1. Penggunaan kosmetik yang berbahan kimia

Selain kurang telaten membersihkan wajah, penggunaan kosmetik yang kurang bijak juga bisa menyebabkan jerawat pasir tumbuh dengan mudah. Pasalnya, kandungan kimia yang ada dalam kosmetik memicu produksi minyak pada wajah. Selain itu, menggunakan kosmetik yang terlalu tebal juga akan menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Oleh karena itu, pilihlah kosmetik dengan kandungan bahan kimia yang sedikit, dan gunakan tipis-tipis. Jangan lupa untuk rutin membersihkan wajah sesaat setelah beraktivitas.

  1. Kurang menjaga kebersihan rambut

Anda pasti bingung, mengapa kebersihan rambut menjadi penyebab munculnya jerawat. Perlu diingat bahwa jerawat sangat rentan muncul di daerah yang berminyak, seperti dahi dan hidung. Nah, kondisi rambut yang kotor dan berminyak justru akan memperparah kondisi jerawat dan memicu tumbuhnya jerawat lebih cepat. Oleh karena itu, membersihkan rambut secara rutin juga menjadi hal yang penting untuk menghindarkan wajah dari berbagai jenis jerawat.

  1. Kurang menjaga kebersihan alat-alat pribadi

Selain karena kotoran yang datang dari anggota tubuh, jerawat juga bisa muncul dari kotoran yang datang dari alat-alat pribadi yang biasa anda pakai. Penggunaan handuk, sprei, dan selimut yang kotor akan menyebabkan jerawat tumbuh dengan mudah. Debu-debu yang menempel pada barang-barang tersebut akan berpindah dan mengendap pada pori-pori kulit lalu menjadi jerawat jika tak segera dibersihkan.

Ramuan Alami Untuk Menghilangkan Jerawat Pasir

Lalu, apakah jerawat ini bisa dihilangkan? Jawabannya bisa. Sama seperti jenis jerawat lain, jerawat ini juga bisa dihilangkan atau dikurangi. Anda bisa menggunakan obat jerawat seperti biasanya untuk menghilangkan jerawat pasir. Namun jika anda mengkhawatirkan kandungan bahan kimia nya, anda bisa mencoba bahan alami berikut untuk menghilangkan jerawat ini.

  1. Putih telur

Bahan alami pertama yang bisa anda gunakan untuk mengurangi jumlah jerawat pasir adalah putih telur. Sebaiknya, gunakan putih telur dari ayam kampong agar tidak terkontaminasi bahan-bahan kimia. Caranya, pisahkan bagian putih dan kuning telur, lalu kocok hingga mengembang. Oleskan keseluruh bagian wajah yang berjerawat. Tunggu hingga kering lalu bilas dengan air bersih.

  1. Masker tomat

Selain untuk bahan sayur dan jus, tomat juga bagus untuk kecantikan lho. Si mungil yang kaya akan kandungan vitamin E ini cocok untuk menghilangkan berbagai jenis jerawat, termasuk jerawat pasir. Untuk mendapatkan khasiat alami dari buah tomat ini, anda cukup mengoleskan secara langsung bagian buah yang sudah dibelah menjadi dua. Atau, anda juga bisa menggunakannya sebagai masker setelah dihaluskan terlebih dahulu.

  1. Mentimun

Mentimun memang sudah terkenal sejak dahulu sebagai bahan yang ampuh untuk menghilangkan jerawat. Tak hanya itu, buah yang banyak megandung air ini juga bagus untuk mengurangi kadar minyak pada wajah. Kandungan vitamin C, mineral, asam amino dan antioksidannya membantu mempertahankan kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas.

Untuk mengurangi jerawat pasir, tempelkan irisan mentimun ke kulit wajah yang berjerawat, lalu diamkan beberapa saat sampai airnya meresap ke kulit. Lalu bilas dengan air hingga bersih.

  1. Air lemon

Selain tomat dan mentimun, anda juga bisa menggunakan lemon sebagai ramuan untuk menghilangkan jerawat. Secara ilmiah, kandungan air lemon sangat ampuh untuk mengangkat sel kulit mati penyebab jerawat. Agar hasilnya lebih ampuh, anda bisa mengkombinasikannya dengan air mawar. Kandungan anti inflamasinya dipercaya dapat meredakan efek peradangan akibat jerawat. Jika tak ada lemon, anda bisa menggantinya dengan jeruk nipis.

Untuk membuat ramuan ajaib ini, campurkan kedua bahan tersebut dengan perbandingan 1:1 lalu oleskan cairan ini secara merata selama 15-20 menit, lalu diamkan hingga kering. Bilas dengan air hangat. Gunakan ramuan ini secara rutin 3x seminggu.

  1. Teh hijau

Bahan ini sangat terkenal sebagai rajanya antioksidan sehingga sangat cocok untuk mengurangi jerawat pasir yang tumbuh tak menentu di wajah anda. Cara mengaplikasikannya juga cukup mmudah. Anda bisa menggunakan teh yang masih basah secara langsung ke wajah, lalu tunggu hingga kering dan bilas dengan air bersih. Gunakan secara rutin untuk hasil lebih maksimal.

  1. Bawang putih

Siapa bilang bawang putih hanya dapat digunakan sebagai bahan masak dan bumbu dapur. Ternyata, bawang putih sangat bagus untuk menghilangkan jerawat loh. Kandungan minyak atsiri dan antibakteri pada bawang putih terkenal dapat meredakan jerawat. Saat ditempelkan pada kulit, akan muncul sensasi hangat. Jika anda mmeiliki tipe kulit sensitive, sebaiknya jangan oleskan bawang putih secara langsung pada bagian yang berjerawat. Anda bisa menggunakan air rendaman bawang putih untuk meredakan jerawat yang meradang pada wajah anda. Untuk mengurangi rasa panas, anda bisa mencampurkannya dengan madu, lalu oleskan keseluruh wajah dan tunggu beberapa saat hingga kering. Bilas dengan air hangat untuk hasil lebih baik.

  1. Lidah buaya

Berbicara obat jerawat, tak akan lengkap tanpa menyebut Aloe Vera atau lidah buaya. Tanaman yang terkenal karena cairan lengketnya ini sangat ampuh untuk mengobati jerawat pada wajah. Senyawa aktif polifenol yang bersifat antibakteri membantu mempercepat proses peneymbuhan jerawat. Untuk menggunakannya, iris bagian berduri lidah buaya dan bagian kulit luar hingga gel nya terlihat, lalu oleskan ke bagian yang berjerawat. Biarkan sensasi dingin merasuk ke  kulit wajah. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Itulah tadi beberapa penyebab dan cara menghilangkan jerawat pasir dengan bahan alami yang bisa anda coba dirumah. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan wajah dan lingkungan sekitar. Semoga artikel ini membantu, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *