Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan dan Diet

Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan dan Diet

Bagi anda yang penasaran apa saja manfaat dan khasiat beras merah, berikut ini kami sajikan informasi tentang manfaat beras merah bagi kesehatan dan diet.

Selama ini, kita sudah tidak asing lagi dengan bahan makanan yang satu ini. Selain kerap kali digunakan sebagai bahan makanan pokok, beras merah juga sangat terkenal dengan manfaat beras merah bagi kesehatan dan diet. Kandungan nutrisi nya yang banyak dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi bagi tubuh kita. Bahkan, beras merah di klaim lebih sehat daripada beras putih. Pernyataan ini di buktikan dengan hasil penelitian yang menunjukan bahwa beras merah mengandung serat dan vitamin yang lebih banyak daripada beras putih.

Selain itu, kandungan kalorinya lebih sedikit sehingga cocok dikonsumsi bagi anda yang sedang menjalankan program diet. Beras ini juga mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Maka tak heran, beras merah kini banyak penggemarnya mulai dari balita hingga orang dewasa. Bahkan, beberapa merk bubur bayi juga memiliki varian beras merah.

Nah, tahukah anda bahwa 1.5 cangkir beras merah mengandung beberapa kandungan nutrisi berikut ini:

  • 85% karbohidrat
  • 7% serat
  • Vitamin B
  • Mineral (Magnesium, fosfor, dan kalsium)
  • Kalium

Resep Olahan Beras Merah

Karena teksturnya yang sedikit lebih kering dari beras putih, masyarakat biasanya mengkonsumsinya dengan cara dicampurkan dengan nasi putih. Sehingga anda tetap dapat menikmati dan mendapatkan khasiatnya secara bersamaan. Sebagai alternative, anda bisa mencoba beberapa resep olahan beras merah berikut ini:

  1. Nasi uduk merah

Olahan ini bisa anda kreasikan dengan rese panda sendiri. Dengan begitu, anda akan dapat menikmati beras merah tanpa ragu.

  1. Nasi tim beras merah

Jika anda menginginkan tekstur yang lebih lembut, masaklah nasi merah dengan cara di tim. Makanan ini juga dapat dikonsumsi oleh balita.

  1. Nasi gurih

Makanan ini sangat cocok untuk anda yang ingin diet namun tetap dapat menikati makanan. Olahan nasi gurih dan sayuran bisa anda terapkan untuk konsumsi sehari-hari.

  1. Lontong beras merah

Jika biasanya lontong terbuat dari nasi putih, kini anda bisa memulai menggantinya dengan beras merah. Cara memasak dan takarannya pun sama persis. Anda bisa mengkonsumsinya bersama ikan kukus atau daging ayam rendah lemak.

Hal Yang Penting Sebelum Mengkonsumsi Beras Merah

Agar mendapatkan manfaat dan khasiat yang maksimal, sebaiknya perhatikan hal-hal dibawah ini sebelum mengkonsumsi beras merah:

  1. Penyimpanan

Meskipun sehat, beras merah tetaplah makanan biasa yang memiliki tanggal kadaluarsa. Sebaiknya, jangan simpan bahan makanan ini dalam lemari pendingin lebih dari 7 hari karena dapat lembab dan memicu tumbuhnya bakteri dan jamur. Bukannya sehat yang di dapat, malah penyakit yang muncul. Anda tentu tidak ingin bukan?

  1. Membaca petunjuk kemasan

Jika anda membeli beras merah di supermarket, jangan lup auntuk membaca label pada kemasan. Terkadang, bahan-bahan ini sudah tercampur dengan gluten dan kacang-kacangan yang mungkin tidak cocok bagi penderita alergi.

  1. Jamur

Saat proses penyimpanan kurang baik, jamur dan bakteri akan muncul dengan mudah. Dari semua bakteri yang bisa muncul, yang paling berbahaya dan patut di waspadai adalah Aspergillus Section Flavi yang dapat mengakibatkan kanker jika dikonsumsi. Bakteri ini biasa muncul pada nasi baik yang sudah dimasak maupun belum. Meskipun resiko keracunannya sedikit, sebaiknya segeralah konsumsi nasi segera setelah dimasak untuk menghidari bakteri ini.

7 Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan Dan Diet

Setelah mendengar sedikit ulasan tentang manfaat beras merah bagi kesehatan dan diet, mari kita simak penjelasan lengkapnya. Apa saja manfaatnya?

  1. Mengontrol gula darah

Salah satu manfaat yang paling signifikan dari beras merah adalah untuk mengontrol gula darah. Kandungan indeks glemiknya yang lebih rendah dibanding beras putih terbukti efekif untuk menjaga stabilitas kadar gula darah. Sehingga beras merah sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

  1. Melancarkan pencernaan

Kandungan seratnya yang tinggi juga membantu memperlancar pencernaan. Sehingga, beras merah sangat cocok untuk membantu meningkatkan metabolism dalam tubuh, sehingga anda terhindar dari resiko terkena sembelit. Bagi anda yang tengah menjalankan program diet, beras merah dapat anda jadikan salah satu asupan karbohidrat utama.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Bagi anda yang sering mengalami kesulitan tidur atau insomnia, cobalah untuk rutin mengkonsumsi beras merah. Kandungan melatonin dan vitamin B dapat membantu metabolism dalam tubuh dan meningkatkan kualitas tidur.

  1. Memperkuat daya tahan tubuh

Saat daya tahan tubuh seseorang lemah, makan ia akan menjadi mudah sakit. Nah, beras merah memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang terbukti efektif menagkal radikal bebas yang mengancam daya tahan tubuh. Dengan mengkonsumsi beras merah secara rutin, daya tahan tubuh anda akan semakin membaik.

  1. Membantu mengurangi kecemasan dan depresi

Kecemasan pada dasarnya disebabkan oleh terlalu tingginya ekpektasi seseorang, sedangkan depresi umumnya disebabkan oleh kurangnya hormone serotonin. Nah, beras merah ini dapat membantu mengurangi kecemasan dan depresi karena mengandung glutamin, asam amino gliserin, dan senyawa GABA yang dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan otak.

  1. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Pola hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan tubuh terkontaminasi racun yang berasal dari luar. Makanan yang tidak sehat, polusi udara, dan lingkungan yang tidak bersih dapat memicu banyaknya racun dalam tubuh yang jika dibiarkan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Untuk mengeluarkan racun ini, anda bisa memulainya dengan cara mengkonsumsi beras merah secara teratur dan konsisten. Kandungan antioksidan yang tinggi terbukti ampuh mengeluarkan kadar racun dalam tubuh yang dikeluarkan melalui urin dan keringat.

  1. Meningkatkan kesehatan tulang dan gigi

Selain serat, asam amino, antioksidan dan kandungan lainnya, beras merah juga ternyata mengandung mineral seperti magnesium dan zat besi serta kalsium yang sangat baik untuk membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang dan gigi. Selain untuk orang dewasa, anak-anak juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi beras merah untuk membantu proses pertumbuhan.

Efek Samping Beras Merah

Meskipun sehat, beras merah ternyata mengandung efek samping loh. Kandungan nasi merah yaitu asam fiktat dan laktin mampu mengikat vitamin dan mineral, sehingga lebih susah dicerna oleh tubuh. Selain itu, beras merah juga dapat menyebabkan jaringan rusak dan tidak mampu untuk mencerna protein dan bakteri jahat yang masuk ke aliran darah. Hal ini karena beras merah mengandung Leaky Gut Syndrome yang bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsilah makanan apapun dalam kadar dan porsi yang sewajarnya.

Itulah tadi beberapa manfaat beras merah bagi kesehatan dan diet secara umum. Perlu diingat bahwa meskipun sehat, beras merah juga memiliki efek samping yang tidak baik bagi kesehatan. Selain porsi makan, proses pengolahan dan penyimpanan juga harus menjadi hal yang penting untuk diperhatikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *