Intip Cara Menghilangkan Keloid Dengan Mudah dan Efektif

Intip Cara Menghilangkan Keloid Dengan Mudah dan Efektif

Keloid adalah salah satu gangguan kulit yang bisa saja mengganggu atau bisa saja tidak. Berikut ini adalah cara menghilangkan keloid dengan mudah dan efektif.

Jika anda memiliki bekas luka kemudian saat sembuh kemudian terdapat gumpalan daging atau parutan daging yang berlebihan pada kulit anda, maka itulah yang disebut dengan keloid. Jika keloid yang dimiliki tidak mengganggu penampilan atau berada di bagian yang tidak tertutup menjadi tidak salah, namun yang menjadi masalah jika keloid terlihat dan mengganggu penampilan. Oleh karena itu pada artikel ini akan dijelaskan secara ringkas untuk anda tentang menghadapi dan menghilangkan keloid dengan mudah dan efektif.

Menghilangkan Keloid dengan Mudah Dan Efektif: Gejala dan Penyebab

Sebelum membahas tentang cara menghilangkan keloid yang sudah lama, maka akan dijelaskan terlebih dahulu penyebab dan gejalanya. Mengetahui hal ini cukup penting karena pada dasarnya jika mengetahui gejala dan penyebabnya, maka anda bisa mengantisipasinya bila hal ini terjadi. Adapun hal ini bisa membuat anda menjadi lebih memahami bagaimana cara untuk menghilangkan keloid secara mudah dan efektif. Jika anda penasaran, berikut ini adalah beberapa gejala yang bisa anda ketahui sekaligus penyebab yang mengakibatkan keloid tumbuh. Inilah penjelasan singkatnya untuk anda. Semoga lebih bermanfaat.

        1. Gejala

Gejala bisa terjadi karena sudah ada tanda – tanda terjadinya keloid. Adapun beberapa gejala yang nantinya dapat menyebabkan terjadinya keloid. Gejala ini bisa saja terjadi sebagai berikut

  • Adanya area luka yang mirip seperti daging, yaitu berwarna merah muda
  • Daerah kulit yang mengalami keloid berbentuk kasar dan terkadang memberikan kesan timbul
  • Adanya daerah yang mengalami keloid menjadi besar akibat pertumbuhan jaringan luka
  • Menyebabkan gatal – gatal

Gejala – gejala tersebut bisa timbul dan menyebabkan adanya keloid. Oleh karena itu jika anda merasakan gejala – gejala tersebut, maka sebaiknya anda bisa saja langsung periksa ke dokter ataupun mencoba pengobatan tradisional untuk mengatasi terjadinya keloid. Jika anda berhasil mengatasinya, kemudian bisa dilanjutkan dengan cara menghilangkan keloid yang sudah bertahun – tahun jika anda memilikinya.

        2. Penyebab Keloid

Beralih dari gejala ke penyebab keloid. Tentu saja keloid umumnya berasal dari luka pada kulit. Hal ini bisa saja berasal dari luka akibat bekas jerawat, luka bakar, tindik telinga atau piercing, luka sayatan bekas operasi dan lain – lainnya. Hal inilah yang mejadi penyebab utama adanya keloid yang tumbuh. Kemudian jika ada luka seperti yang disebutkan, pastikan tidak ada keloid yang tumbuh membesar dibandingkan kulit. Selain itu jika hal tersebut memang terjadi, biasanya ditandai dengan rasa gatal. Jika gejala muncul maka anda bisa langsung saja rujuk ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan secara intensif untuk menghilangkan keloid dengan mudah dan efektif.

        3. Faktor Pemicu

Adapun hal – hal lainnya yang menjadi faktor pemicu terjadinya keloid. Faktor pemicunya bisa dikarenakan adanya genetik. Selain itu faktor lainnya seperti keturunan Asia, Latin, Sedang Mengandung dan berusia di bawah 30 tahun. Oleh karena itu penyebab genetik bisa menjadi alasan utama terjadinya keloid. Maka dari itu perhatikan riwayat penyakit keluarga anda, jika kedua orang tua anda memiliki keloid maka bisa saja anda mengalami keloid pula. Jika memang terjadi, maka anda harus siap mengantisipasi apabila memiliki luka yang bisa saja menjadi penyebab keloid.

Cara Menghilangkan Keloid dengan Mudah dan Efektif

Jika sedari tadi berbicara tentang gejala dan penyebab keloid, maka sudah saatnya membicarakan tentang cara menghilangkan keloid. Adapun beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan keloid, mulai dari operasi hingga menghilangkan keloid secara alami. Apapun caranya sah – sah saja untuk dilakukan karena cara – cara tersebut bisa menghilangkan keloid. Hal yang penting adalah tidak melakukan hal – hal ekstrem demi menghilangkan keloid. Apa saja cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan keloid? Berikut ini merupakan cara – cara yang bisa dicoba demi menghilangkan keloid yang ada pada kulit.

           1. Perawatan Awal

Adapun perawatan awal yang biasanya digunakan untuk menghilangkan keloid jika anda berniat untuk menghilangkannya. Perawatan awal yang biasanya disarankan oleh dokter adalah dengan cara pemberian perban tekanan, silicone pad, ataupun suntikan. Perawatan rutin yang satu ini juga digunakan sebagai pengecekan secara berkala apakah perawatan tersebut bisa menghilangkan keloid yang tumbuh. Jika misal perawatan ini berhasil, maka anda tidak perlu melakukan operasi untuk menghilangkan keloid. Lebih baik dilakukan perawatan awal terlebih dahulu sebelum melakukan atau memutuskan operasi. Jika memang hasilnya sudah mulai mengempes, maka anda bisa merasakan kebahagiaan tanpa adanya keloid pada kulit anda.

           2. Perawatan Lanjutan

Perawatan lanjutan adalah perawatan yang dianjurkan dokter jika perawatan awal tidak memberikan hasil yang signifikan. Adapun berbagai macam jenis perawatan lanjutan yang bisa dilakukan. Mulai dari menggunakan suntikan corticosteroid, menggunakan minyak pelembab, hingga penggunaan radiasi untuk mengecilkan jaringan yang ada pada keloid. Hal ini sebenarnya tidak disarankan dokter jika keloid tidak terlalu membahayakan. Namun jika memang ingin diangkat, maka perawatan lanjutan bisa dijadikan sebagai salah satu solusi dalam menghilangkan keloid dengan mudah dan efektif. Operasi yang dilakukan bisa saja seperti melakukan radiasi, penggunaan laser, dan pembekuan jaringan. Macam – macam operasi ini bisa dilakukan demi menghilangkan keloid.

           3. Menghindari cedera luka

Salah satu cara menghilangkan keloid dengan mudah dan efektif adalah dengan menghindarinya. Hal ini merupakan tindakan preventif jika ternyata anda memiliki keloid. Keloid yang mungkin saja tumbuh di bagian  tertentu bisa menjadi peringatan bagi anda untuk tidak bermain – main dengan alat – alat yang menyebabkan anda bisa saya terluka. Menghindari luka menjadi salah satu hal yang penting agar keloid yang lainnya tidak tumbuh. Namun jika ternyata anda mengalami luka yang tidak disengaja, maka anda bisa saja langsung ke dokter untuk mendapatkan perawatan secara intensif. Hal ini juga menjadi pencegahan dini sebelum keloid benar – benar tumbuh di kulit anda.

           4. Menggunakan Madu

Madu saat ini menjadi primadona untuk perawatan kulit karena di lansir memiliki manfaat dalam merawat dan menghilangkan bekas luka. Oleh karena itu madu bisa juga dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan keloid dengan mudah dan efektif. Caranya cukup mudah, anda oleskan madu dengan campuran lainnya dan oleskan kedaerah yang ada keloid. Kemudian setelah beberapa menit dioleskan, maka bersihkan menggunakan air bersih. Pengobatan secara alami tidak memberikan hasil yang langsung dinikmati namun memberikan dampak bahwa anda tidak perlu operasi untuk menghilangkan keloid. Anda juga bisa menggunakan madu untuk mencerahkan kulit anda sehingga anda bisa mendapatkan hasil yang menakjubkan.

Demikian pembahasan tentang menghilangkan keloid dengan mudah dan efektif. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi anda yang memiliki masalah tentang keloid. Anda juga lebih baik konsultasi ke dokter apabila memiliki pertanyaan seputar keloid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *