Ini Dia Satu-Satunya Penggunaan Toner Cuka Apel yang Benar

Ini Dia Satu-Satunya Penggunaan Toner Cuka Apel yang Benar

Siapa yang tidak mengenal cuka apel dewasa ini? Memiliki beragam manfaat, sudahkah Anda tahu bagaimana cara penggunaan toner cuka apel yang benar?

Penggunaan toner cuka apel yang benar memang belum sepenuhnya diketahui. Cuka apel merupakan larutan hasil fermentasi perasan apel yang mempunyai sederet manfaat positif bagi si penggunanya. Larutan ini mengalami proses fermentasi dengan bantuan bakteri dan ragi, hasil akhirnya berupa larutan yang mengandung alkohol dan sering disebut sebagai cuka. Cuka apel ini mengandung berbagai banyak nutrisi di dalamnya baik itu kalium, nutrium, fosfor, kalsium dan beberapa vitamin baik itu A, B1, B2, B6, C, dan E. Banyaknya kandungan nutrisi didalamnya menjadikan cuka apel dijadikan sebagai bahan kosmetik, yakni sebagai toner. Untuk informasi selengkapnya mengenai bagaimana caranya, silakan Anda simak penjelasannya berikut ini.

Beragam Manfaat Cuka Apel

Sebagian orang sudah banyak yang mengetahui bahwa cuka apel tersebut dapat dijadikan sebagai obat jerawat, namun nyatanya masih banyak manfaat lain dari produk tersebut. Untuk selengkapnya, Anda dapat menyimak ulasan manfaat cuka apel berikut ini.

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Cuka Apel memiliki beragam manfaat positif bagi kesehatan, salah satunya adalah dapat digunakan untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini diakrenakan cuka apel dapat mengurangi kadar gula dalam darah dan risiko obesitas yang kemungkinan bisa menyebabkan terjadinya risiko penyakit jantung.

2. Dapat Mengontrol Gula Darah

Selain dapat menurunkan risiko penyakit jantung, cuka apel juga memiliki manfaat lainnya yakni bisa mengontrol gula darah dalam tubuh. Adapun cara kerja dari cuka apel ini didalam tubuh yakni dengan cara meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan respon gula darah ketika sehabis makan. Melalui cara kerja ini maka dapat dipastikan bahwa kadar gula dalam darah akan mengalami penurunan dan tentu saja dapat menurunkan risiko penyakit lain yang berhubungan dengan tingginya kadar gula dalam darah.

3. Mengatasi Jerawat

Jerawat memang menimbulkan rasa tidak percaya diri pada seseorang yang menderitanya. Selain dapat menurunkan rasa percaya diri, jerawat pun jika tidak ditangani dengan baik maka dapat menyebabkan infeksi yang serius. Dari sekian banyak cara untuk mengatasi masalah jerawat ini, salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan cuka apel sebagai toner.

4. Membantu Atasi Kanker

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sel kanker dapat diatasi dengan menggunakan larutan cuka apel. Namun, meskipun demikian masih diperlukan adanya tindakan penelitian lanjutan untuk benar-benar memaksimalkan pencegahan sel kanker dalam tubuh tersebut.

Cara Penggunaan Toner Cuka Apel yang Benar

Sebagai tambahan informasi mengenai bagaimana cara penggunaan toner cuka apel yang benar, silakan simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Persiapkan Semua Bahan yang Diperlukan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika akan menggunakan cuka apel sebagai toner adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Adapun bahan tersebut berupa cuka apel itu sendiri, air, dan beberapa peralatan pendukung, seperti wadah, sendok, dan kapas.

2. Campur Bahan Tersebut dalam Sebuah Wadah

Selanjutnya Anda dapat menyampurkan bahan tersebut, untuk air sebanyak seperempat gelas tuangkan kurang lebih satu sendok cuka apel. Larutkan kedua bahan tersebut dengan menggunakan sendok yang sudah disediakan. Jika sudah maka Anda dapat langsung menggunakannya sebagai toner untuk mengatasi jerawat. Namun sebelum diapliaksikan di wajah, ada step lanjutan seperti yang akan dibahas pada penjelasan berikut.

3. Bersihkan Wajah dengan Bersih

Jika larutan toner cuka apel sudah siap, maka selanjutnya Anda dapat membersihkan wajah terlebih dahulu dengan menggunakan facial wash. Cuci bersih muka dan segera keringkan dengan menggunakan handuk.

4. Aplikasikan Cuka Apel Menggunakan Kapas

Setelah dirasa wajah Anda sudah bersih, silakan Anda dapat langsung mengaplikasikan cuka apel tersebut pada wajah dengan bantuan kapas. Oleskan secara merata dan tipis, diamkan beberapa menit agar toner dapat meresap ke dalam kulit wajah. Jika tahapan tersebut sudah tetlaksana, maka Anda dapat menggunakan produk lainnya setelahnya. Entah itu berupa krim harian atau produk kecantikan lailnnya.

Efek Samping Penggunaan Cuka Apel

Meskipun cuka apel memiliki sederet manfaat yang positif bagi tubuh, nyatanya tetap saja cuka apel ini memiliki beberapa efek samping yang muncul ketika digunakan. Berikut adalah beberapa efek samping yang dapat Anda simak penjelasannya berikut ini.

1. Dapat Memperburuk Hipokalemia

Pelu Anda ketahui bahwa hipokalemia merupakan suatu kondisi dimana tubuh mengalami kadar kalium rendah. Salah satu gejala yang dialami adalah tubuh merasa lemah dan adanya gejala kelumpuhan otot. Nah jika Anda mengalami gejala maupun kondisi tubuh seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, maka Anda jangan sekali-kali menggunakan cuka apel. Hal ini karena jika cuka apel digunakan maka dapat menyebabkan kalium tubuh menjadi rendah.

2. Menyebabkan Iritasi Kulit

Cuka apel meskipun mengandung beragam manfaat, namun jika kondisi Anda mengalami alergi pada suatu bendah atau bahan maka sanagt disarankan untuk tidak menggunakan cuka apel tersebut. Bisa saja jika tetap diteruskan maka kulit akan mengalami iritasi dan kemerahan. Jika terjadi demikian maka ada baiknya untuk melakukan konsultasi pada dokter kulit.

3. Masalah Pencernaan

Mungkin Anda sudah paham bahwa cuka apel dapat digunakan untuk menurunkan berat badan, namun tahukah Anda bahwa pH yang terkandung didalamnya berkisar antara 2-3. Ph tersebut sangat asam sehingga jika masuk dalam tubuh dapat menyebabkan luka bakar, iritasi dan menyebabkan timbulnya tukak lambung dan refluks asam.

4. Menyebabkan Kerusakan Pada Gigi

Sifat asam pada cuka apel sama halnya pada cuka biasa yang jika digunakan secara berlebihan dan dalam rentang waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Lapisan enamel gigi akan terkikis jika terlalu banyak mengonsumsi bahan yang bersifat asam. Hasil akhirnya berupa kerusakan pada gigi.

Tips Memilih Cuka Apel yang Baik

Sebelum Anda membeli produk cuka apel yang banyak diproduksi oleh berbagai pabrikan, ada baiknya Anda melihat beberapa tips dalam memilih cuka apel tersebut. Tips pertama yakni dengan melihat besar tidaknya wadah yang digunakan. Jika dirasa kebutuhan yang harus dipenuhi cukup banyak maka pilihlah wadah kemasan yang besar, namun jika tidak maka Anda dapat memilih kemasan yang lebih kecil. Hal ini agar produk yang Anda beli tetap dapat terliaht efektivitasnya tanpa mudah terkontaminasi dengan zat lain yang dapat memengaruhi kualitas dan keawetannya. Kedua, kenali bahan pembuatan cuka apel tersebut. Meski cuka apel adalah hasil fermentasi, namun ada kandungan bahan lain yang menjadi pelengkapnya. Sehingga Anda harus menelitinya dengan baik agar persentase kandungan bahannya seimbang.

Itu dia sedikit pembahasan mengenai produk cuka apel beserta cara penggunaan toner cuka apel yang benar. Anda dapat memilih beragam merek dagang cuka apel yang ada di pasaran. Namun sebelum membelinya Anda harus mengenali terlebih dahulu kandungan dan kualitas produk yang ditawarkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *