Cara Merawat Rambut Smoothing dengan Mudah

Cara Merawat Rambut Smoothing dengan Mudah

Kebanyakan wanita akan melakukan smoothing pada rambut mereka. Mulai dari pemilik rambut ikal, lurus, atau keriting pasti akan memilih cara smoothing untuk meluruskan rambut. Hal ini karena smoothing memang memiliki kelebihan seperti rambut yang lurus alami, hasil yang terlihat natural dan lebih aman untuk rambut, dibandingkan dengan rebounding.

Kebanyakan wanita akan merasa tenang-tenang saja setelah melakukan smoothing dan akan merasa puas dengan hasilnya tanpa peduli dengan perawatannya. Akan tetapi merawat rambut yang sudah di smoothing ternyata tidak susah-susah amat kok, kamu bisa melakukan perawtatan rambut smoothing dengan mudah seperti cara dibawah ini.

1. Jangan Langsung Keramas

Cara Merawat Rambut Smoothing dengan Mudah

Hal pertama yang wajib sekali kamu hindari adalah keramas. Setelah smoothing kamu tidak boleh langsung keramas, alasanya karena dengan keramas kamu malah menhilangkan obat smoothing yang sudah diterapkan pada rambut. Jika obat ini hilang dengan cepat, pastinya hasil dari smoothing kamu tidak akan bertahan lama. Kamu harus menunggu selama 3 – 4 hari agar obat smoothing dapat meresap sempurna dan bekerja pada rambut.

2. Gunakan Conditioner

Meski rambut sudah di smoothing, bukan berarti rambut kamu sehat dan ternutrisi dengan baik lho. Apalagi setelah keramas, menggunakan conditioner dapat mengembalikan dan memberikan nutrisi lagi kepada rambut kamu. Cukup terapkan conditiner pada batang rambut saja, agar rambut smoothing tetap lurus dan lembut. Kamu bisa menggunakan berbagai macam conditioner untuk rambut yang sesuai dengan jenis rambutmu. Namun jangan lupa untuk memberikan conditioner apabila rambut terasa kering dan juga rapuh.

3. Hindari Penggunaan Sisir Plastik

Cara Merawat Rambut Smoothing dengan Mudah

Menjaga rambut tetap lurus dan lembut tidak terlewat dengan penggunaan sisir setiap harinya. Namun sisir yang kamu gunakan sebaiknya jangan sisir plastik karena beresiko menimbulkan listrik statis dan membuat rambut kamu kembali seperti semula ataupun bergelombang. Sebaiknya kamu menggunakan sisir kayu yang berberigi jarang, karena lebih aman dan tidak menimbulkan listrik statis ataupun menarik rambut kamu hingga rontok.

4. Gunakan Masker Rambut

Tidak hanya conditioner saja yang diperlukan untuk rambut, namun menerapkan masker rambut juga termasuk hal yang wajib sekali kamu lakukan. Hal ini bertujuan untuk menjaga rambut tetap lembab, sehat, tidak mudah rusak, dan rontok. Selain itu, menggunakan masker rambut juga meminimalisir efek negatif dari obat smoothing yang ada di rambut. Dalam meilih masker rambut kamu bisa menggunakan masker rambut biasa atau membuatnya dari bahan-bahan alami.

5. Ganti Sarung Bantal dengan Bahan Sutra atau Satin

Cara Merawat Rambut Smoothing dengan Mudah

Karena rambut kamu sudah di Smoothing, tidak ada salahnya memberikan perlakuan khusus seperti mengganti sarung bantal dengan bahan yang lebih lembut. Kamu bisa mengganti sarung bantal dengan bahan seperti sutra atau satin. Hal ini bertujuan untuk supaya rambut kamu tidak kusut sewaktu tidur dan tetap rapi saat bangun.

Selain bantal, kamu juga bisa mengganti sarung kasur, bantal guling dan lainnya dengan bahan yang lebih lembut. Tidak hanya sarung saja, namun usahakan agar pakaian yang kamu pakai tidak membuat rambut kusut ya.

6. Jangan Sering Keramas
Keramas merupakan hal yang membuat kita semakin senang karena rambut akan wangi dan juga lembut. Akan tetapi, setelah kamu menerapkan smoothing pada rambut kebiasaan seperti ini sebaiknya dikurangi deh. Terlalu banyak keramas terutama menggunakan shampoo biasa termasuk penyebab rambut smoothing mudah rusak. Jika begini mau tidak mau kamu harus mengurangi frekuensi keramas.

Kamu hanya perlu menahan rambut agar tidak keramas selama 3 hari saja kok. Setelah keramas pastikan kamu tidak berlebihan saat menerapkan shampoo agar obat smoothing tidak terkikis secara berlebihan. Namun jarang keramas dalam waktu yang cukup lama juga tidak baik untuk kesehatan rambut lho. Karena menyebabkan rambut lepek, bau, berketombe, akibat produksi minyak alami rambut yang berlebihan.

7. Lakukan Pemotongan Rambut Secara Berkala

Cara Merawat Rambut Smoothing dengan Mudah

Rambut yang sudah di smoothing bukan berarti akan selamanya begitu lho, karena rambut kamu hidup berarti dia akan memanjang seiring berjalannya waktu. Nah, rambut yang semakin panjang ini bisa mengakibatkan hasil smoothing kamu hilang loh. Jika sudah seperti ini tidak ada salahnya memotong rambut kamu, tidak perlu dipotong hingga pendek namun kamu cukup memotong bagian ujung rambut saja. Namun tidak ada salahnya untuk memotong rambut, jika kamu sedang berniat mengubah fashion untuk rambut. Dengan begitu kamu sudah mencegah terjadinya kerusakan rambut yang semakin parah.

Dengan mengikuti cara merawat rambut smoothing diatas, kamu tidak perlu melakukan smoothing ulang dan menghabiskan banyak uang untuk itu. Ditambah cara diatas bisa kamu lakukan secara rutin di rumah dan tidak hanya untuk rambut smoothing saja, namun untuk rambut rebounding cara diatas juga termasuk ampuh untuk dilakukan. Semoga bermafaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *