Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar dengan Sekejap

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar dengan Sekejap

Luka bakar biasanya menyebabkan bekas pada kulit saat sudah sembuh. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bekas luka bakar dengan cara mudah.

Pasti rasanya cukup sakit apabila memiliki luka yang diakibatkan api atau bisa disebut sebagai luka bakar. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang yang tidak ingin terkena luka bakar karena sulit untuk menghilangkan bekas luka bakar. Selain itu luka bakar yang telah sembuh membuat bekas pada bagian yang terkena luka bakar sehingga oran – orang tidak ingin memiliki luka tersebut. Namun jika memang mengalami luka bakar dan luka tersebut membekas, maka ada beberapa cara menghilangkan luka bakar yang mudah untuk dilakukan. Berikut ini adalah caranya untuk menghilangkan bekas luka bakar lama.

Pertolongan Pertama Terkena Luka Bakar

Sebelum mengetahui cara untuk menghilangkannya, maka sebaiknya anda mengetahui pertolongan pertama saat mengalami luka bakar. Adapun harus anda kuasai cara ini agar memudahkan anda untuk menghindari terjadinya luka bakar yang lebih parah. Pada dasarnya luka bakar memiliki tiga tingkatan dan apabila terjadi luka bakar, maka setidaknya jangan sampai terkena luka bakar yang derajatnya paling tinggi. Jika anda ingin mengetahui cara menangani luka bakar dengan baik, maka berikut ini adalah cara pertolongan pertama dalam mengatasi luka bakar. Semoga bisa anda aplikasikan.

1. Menyiram dengan air mengalir di daerah luka bakar

Luka bakar yang baru saja terjadi biasanya memberikan rasa yang menyengat pada kulit. Biasanya luka bakar baru terasa sakit saat sudah terhindar dari panas. Kemudian panas yang terasa akan sangat menyengat. Jika hal ini terjadi, sebelum anda menghilangkan bekas luka bakar, maka anda daat mengaliri air pada daerah kulit yang terkena luka bakar. Mengaliri air pada daerah yang terkena luka bakar dapat mempercepat penyembuhan. Hal ini menjadi salah satu cara yang cukup aman sebagai cara mengobat luka bakar yang melepuh. Pastikan anda aliri air selama kurang leih 20 – 30 menit sehingga panas akibat luka bakar tidak terasa.

2. Jangan Menggunakan Pasta Gigi

Salah satu cara yang selama ini dikenal untuk mengatasi terkena minyak panas agar tidak melepuh adalah dengan menggunakan pasta gigi. Padahal cara yang satu ini merupakan cara yang salah dan tidak aman bagi kulit. Bukannya sembuh, asta gigi akan memberikan efek yang berbeda pada kulit anda saat sudah sembuh. Selain itu memang sudah direkomendasikan jika saat mengalami luka bakar lebih baik dialiri dengan air agar tidak memperparah efek yang dihasilkan. Oleh karena itu lebih baik jika anda menemukan luka bakar, jangan sampai dioleskan oleh pasta gigi karena hal tersebut bisa memperparah luka bakar.

3. Rujuk ke Dokter

Jika luka bakar yang terjadi langsung menyebabkan perubahan wrna yang tidak wajar, maka bisa saja luka bakar tersebut sudah luka bakar yang tidak wajar atau berada di tingkat derajat yang lebih tinggi lagi. Jika hal tersebut terjadi, maka lebih baik segera dirujuk ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik terkait luka bakar yang telah terjadi. Biasanya dokter akan memberikan salep luka bakar untuk meredakan rasa sakit akibat luka bakar tersebut. Walaupun diberikan salep, pada akhirnya nanti luka bakar tersebut akan membekas sehingga setelah sembuh nanti, setidaknya memerlukan beberapa cara untuk menghilangkanbekasnya.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar dengan Mudah

Jika anda sudah mengetahui cara penanganan luka bakar, maka setelah luka bakar sembuh bisa langsung melakukan cara untuk menghilangkan bekasnya. Ada beberapa cara yang mudah diaplikasikan dengan menggunakan bahan – bahan yang alami. Bahan – bahan ini tersedia pula disekitar anda jadi anda tidiak perlu bersusah payah untuk mencarinya. Apakah anda penasaran dengan caranya? Berikut ini merupakan penjelasan tentang cara menghilangkan bekas luka bakar yang menghitam. Anda bisa sekaligus mempraktikkan cara ini dengan mudah jika anda sebelumnya mengetahui bahan – bahan yang digunakan yaitu:

1. Madu

Bahan awal yang dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan bekas luka bakar adalah dengan menggunakan madu. Madu dipercaya mampu mempercepat penyembuhan bekas luka bakar, bisul, dan lain – lainnya. Adapun caranya cukup mudah diaplikasikan. Pertama anda persiapkan madu dan perasan kunyit. Kemudian campurkan 2 sendok madu ke satu sendok perasan kunyit. Lalu dioleskan ke daerah sekitar luka bakar. Setelah itu didiamkan selama 10 – 15 menit. Jika sudah, maka anda bersihkan menggunakan air bersih atau menggunakan anduk yang telah dibasahi air bersih. Lakukan secara rutin hingga bekas luka bakar menjadi hilang. Jika anda rutin, maka bekas luka yang dimiliki akan menjadi cepat hilang.

2. Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini kaya manfaat. Salah satu hal yang paling terkenal adalah dapat dijadikan sebagai perawatan rambut. Bisa menebaknya? Yap! Ini adalah lidah buaya. Ternyata lidah buaya dapat dijadikan sebagai salah satu cara yang ampuh dalam menghilangkan bekas luka. Adapun berikut ini caranya untuk menghilangkan bekal luka bakar yang memutih. Siapkan bahannya dengan menyiapkan getah lidah buaya dan air mawar. Caranya mudah dengan mencapurkan dua sendok getah lidah buaya dengan air kelapa. Lalu setelah itu diaduk hingga merata. Air mawar yang ditambahkan berguna untuk memberi aroma yang segar. Setelah itu anda oleskan ke daerah yang terkena luka bakar selama 10 hingga 15 menit. Setelah seselasi, maka anda bersihkan dengan air bersih. Penyebab lidah buaya dapat menjadi salah satu penyembuh luka bakar karena mengandung anti inflamasi.

3. Campuran Tomat, Yogurt, dan Telur

Adapun beberapa campuran yang dapat dijadikan sebagai salah satu campuran obat tradisional untuk menghilangkan bekas luka bakar. Fungsi utamanya adalah dapat memeberikan kesejukan pada kulit dan mencerahkan kulit sehingga hal inilah yang dapat menghilangkan bekas luka bakar. Adapun caranya cuku mudah untuk meracik campuran yang satu ini. Pertama anda siapkan bahan – bahannya. Lalu campurkan 1 sendok makan tobat yang sudah dihaluskan ke dalam 1 sendok makan yogurt dan putih telur,. Kemudian campuran tersebut diaduk secara merata lalu dioleskan ke daerah luka bakar. Lalu pijat pelan – pelan menggunakan jari – jari. Setelah itu  tunggu 15 menit dan dibilas dengan air.

4. Kentang

Kentang juga dapat dijadikan sebagai obat untuk menghilangkan bekas luka bakar. Hal ini bisa dilakukan karena kentang dapat mencerahkan kulit. Adapun cara yang mudah untuk menggunakan kentang sebagai obat luka bakar. Caranya adalah merebus kentang secukupnya, lalu kentang tersebut dihaluskan dan dipijat ke daerah yang memiliki bekal luka bakar. Setelah dioleskan kemudian di cuci bersih hingga memudahkan anda dalam mengetahui hasilnya.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan bekas luka bakar. Adapun tips antisipasi terjadinya luka bakar sehingga anda bisa mengaplikasikannya dengan baik. Kemudian anda perlu ketahui mungkin masih banyak hal – hal yang bisa digunakan untuk atasi bekal luka akar. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *