Cara Mengatasi Rambut Rontok Pada Pria Dengan Mudah

Cara Mengatasi Rambut Rontok Pada Pria Dengan Mudah

Rambut seperti yang kita ketahui sangat berpengaruh menunjang penampilan, penampilan rambut yang selalu tampil maksimal pasti menjadikan pemilik rambut tersebut lebih percaya diri. Namun apa jadinya jika rambut sering mengalami masalah, salah satunya adalah rambut rontok. Bagi kaum wanita wanita mungkin masalah rambut rontok menjadi hal yang wajar, mengingat rambut wanita yang selalu panjang dan memerlukan perawatan yang tinggi.

Terkecuali bagi kaum pria, rambut rontok yang terjadi sangat mudah menimbulkan bekas karena dapat langsung terlihat meskipun hanya beberapa rambut yang rontok. Namun sebelum kita merujuk pada cara mengatasi rambut rontok, ada baiknya kamu mengetahui penyebab rambut rontok pria dibawah ini.

Penyebab Rambut Rontok Pada Pria

Sama halnya wanita, kaum pria juga bisa mengalami permasalahan rambut rontok. Rambut pria yang rontok bisa disebabkan oleh beberapa hal antara lain :

1. Faktor Genetik
Faktor genetik atau lebih mudah disebut sebagai faktor keturunan merupakan salah satu penyebab alami kerontokan rambut yang kamu alami. Hal ini bisa terjadi apabila orang tua atau generasi yang lebih tua memiliki rambut botak atau masalah rambut rontok, hal ini akan bisa menular ke anak dan cucu-cucunya. Jadi jika kamu mengalami permasalah rambut rontok, coba cek apakah generasi yang lebih tua darimu pernah mengalami rambut rontok saat muda.

2. Stress
Bagi pria, stress adalah hal yang sering dialami, terlebih lagi stress akibat pekerjaan atau masalah kehidupan. Nah rambut rontok juga bisa disebabkan akibat stress yang kamu alami, hal ini biasa terjadi apabila kamu sering mengalami stress atau beban pikiran yang terlalu berat. Akan tetapi kerontokan rambut akan berkurang dengan sendirinya ketika pikiran sudah tenang dan rileks.

3. Bertambahnya Usia
Seiring dengan bertambahnya usia, rambut yang kamu miliki akan mulai menipis. Proses penipisan rambut ini dimulai dengan kerontokan rambut yang bertahap hingga mencapai usia 30 tahun, dan folikel pad rambut menjadi tidak aktif ketika memasuki usia 50 tahunan. Semakin kecil folikel pada rambut, maka kerontokan pun dapat terjadi dengan mudah.

4. Mengecat Rambut
Bagi para kaum muda atau pria yang bekerja di dunia hiburan, mengecat rambut mungkin menjadi hal yang wajar dan sudah umum di lakukan. Namun tahukah kamu, sebenarnya mengecat rambut termasuk penyebab dari rambut rontok. Cat rambut sendiri memiliki bahan kimia yang merusak jaringan pada rambut yang akhirnya rambut mengalami kerontokan dengan sendirinya.

5. Infeksi Bakteri dan Jamur
Penyebab rambut rontok pada pria juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri dan jamur di kulit kepala, apalagi jika tidak ditangani dengan pengobatan dan cara yang tepat. Infeksi ini bisa terjadi karena kondisi kulit kepala kotor yang jarang dibersihkan atau sering ditutupi oleh topi terlalu lama yang menjadikan kepala menjadi lembab. Hal seperti ini menyebabkan bakteri dan jamur untuk bersarang, jadi tidak heran apabila banyak pria yang terlalu sering memakai penutup kepala lebih sering mengalami rontok rambut.

Tidak hanya kelima hal tadi saja yang bisa membuat kamu mengalami masalah rambut rontok, namun bisa juga disebabkan oleh penggunaan shampoo yang tidak cocok untuk kulit kepala, atau terlalu sering berada di bawah sinar matahari yang akhirnya menjadikan rambutmu kering dengan cepat.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Pada Pria

Lalu apakah rambut rontok pada pria bisa diatas? Jawabannya pasti bisa. Semua masalah rambut pada pria cara mengatasinya hampir sama dengan rambut wanita. Namun karena pria cenderung memiliki aktivitas tubuh yang lebih aktif, untuk itu caranya juga sedikit berbeda. Berikut ini cara mengatasi rambut rontok pada pria yang bisa kamu ikuti, antara lain :

1. Teh Hijau

Teh hijau memiliki memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, terutama untuk melancarkan pencernaan. Namun penggunaan teh hijau juga bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok, bahkan penggunaannya sudah dikenal sejak dulu kala dan sudah banyak yang membuktikan keampuhan dari teh hijau untuk mengatasi rambut rontok.

Kamu hanya perlu merebus dua kantong hijau seukuran air cangkir, setelah matang kamu tunggu saja hingga dingin, lalu oleskan air rendaman teh hijau tadi ke rambut. Kemudian diamkan rambut selama satu jam, dan bersihkan menggunakan air dingin. Kamu bisa melakukan cara ini satu kali setiap hari untuk hasil yang maksimal.

2. Minum Banyak Air Putih

Meskipun terbilang sepele, air putih ternyata memiliki berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan untuk tubuh. Tubuh menjadi terpenuhi kebutuhan cairan nya dan akhirnya memiliki metabolisme yang lancar, tubuh yang terhidrasi inilah dapat membuat pertumbuhan kulit dan sel rambut terjaga dengan baik dan akhirnya rambut rontok dapat teratasi dengan sendirinya.

3. Jus Bawang

Selain berguna sebagai bumbu dapur, bawang juga bisa dimanfaatkan sebagai nutrisi untuk rambut rontokmu. Caranya juga mudah, siapkan beberapa bawah merah atau bawang putih dan blender hingga menjadi jus. Jus ini bukan untuk diminum, melainkan dioleskan pada permukaan rambut. Setelah dioleskan, diamkan semalaman dan bilas rambut pada keesokan harinya. Lakukan cara ini setiap hari selama seminggu penuh.

4. Lidah Buaya

Saat ini lidah buaya sudah banyak dimanfaatkan dalam produk kecantikan, salah satunya adalah shampoo. Daripada kamu membeli shampoo lidah buaya, bisa juga kok menggunakan lidah buaya segar untuk mengatasi rambut rontok. Caranya sangat mudah, cukup ambil satu batang lidah buaya dan patahkan lidah buaya tersebut. Ambil lendir atau gel-nya, lalu oles dan pijat pada bagian rambut. Setelah itu diamkan selama 15 – 20 menit, dan bilas dengan air. Kamu bisa melakukan cara ini selama dua kali setiap minggu.

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun tidak hanya dimanfaatkan untuk memasak, namun juga bisa mengatasi rambut rontok pada pria. Meskipun cara ini sering dilakukan oleh kaum wanita, kamu juga bisa melakukannya karena pada sama saja. Caranya mudah, cukup oleskan beberapa minyak zaitun pada area rambut, kemudian pijat dengan lembut dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas saja menggunakan air bersih. Meskipun agak berminyak, cara ini juga dapat menjadikan rambutmu lebih lembut dan mudah diatur lho.

Ya, itulah tadi beberapa cara mengatasi rambut rontok pada pria. Jika tidak ingin mengalami permasalahan rambut seperti ini, ada baiknya kamu selalu menjaga kebersihan area kepala dan selalu memberikan nutrisi yang diperlukan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *