Cara Mencegah Keputihan dengan Aman Dan Cepat

Cara Mencegah Keputihan dengan Aman Dan Cepat

Keputihan merupakan salah satu masalah kewanitaan yang banyak dialami oleh kaum perempuan. Berikut ini cara mencegah keputihan untuk anda.

Bagaimana cara mencegah keputihan untuk wanita? Kesehatan mahal harganya. Kalimat tersebut merupakan hal yang benar karena jika tidak sehat, maka seseorang bisa saja harus di rumah sakit ataupun harus membayar biaya yang cukup banyak untuk sebuah kesehatan. Aspek kesehatan cukup banyak, salah satunya adalah aspek kesehatan organ intim. 

Bagi pria dan wanita menjaga kesehatan organ intim sangatlah penting. Bagi wanita, pasti pernah mengalami yang namanya Keputihan. Keputihan merupakan salah satu masalah kewanitaan. Hal ini terjadi saat lendir atau cairan yang keluar dari vagina. Penasaran dengan cara mencegah keputihan? Berikut ini merupakan pembahasannya.

Cara mencegah Keputihan: Penyebab Keputihan

Salah satu cara mencegah keputihan adalah dengan mengetahui tentang penyebab terjadinya keputihan. Penyebab yang dapat anda ketahui dapat membantu anda sebagai wanita untuk mencegah terjadinya keputihan. Ada beberapa penyebab yang nantinya akan dibahas secara ringkas untuk anda. 

Pada dasarnya keputihan akan normal terjadi saat para wanita sedang mengalami menstruasi. Selain itu dapat terjadi pula pada saat sedang hamil. Keputihan akan mengurang saat para wanita sudah mencapai tahap menopause. Amati pula lendir keputihan yang keluar, bisa saja ada perubahan yang menandakan sesuatu. Oleh arena itu perlu anda ketahui penyebabnya.

       1. Iritasi pada bagian sekitar vagina

Hal ini sangat lumrah terjadi ketika ada sebuah iritasi pada bagian vagina, maka akan terjad keputihan. Hal ini menandakan jika keputihan tersebut memberi tahu bahwa adanya iritasi atau infeksi yang terjadi pada vagina. Iritasi ini dapat terjadi jika saat berhubungan badan terlalu kasar atau hal – hal lainnya yang dapat melukai vagina sehingga dapat menyebabkan iritasi. 

Iritasi juga dapat terjadi akibat adanya virus sehingga sangat dianjurkan khususnya untuk para wanita untuk menjaga organ intimnya. Jika kesehatan organ intim dapat dijaga maka keputihan yang terjadi akan lebih normal dari keputihan yang memiliki penampakan yang berbeda.

       2. Melakukan hubungan badan tanpa kondom dan berganti – ganti pasangan

Hal kedua yang menjadi penyebab adanya keputihan adalah berhubungan badan tanpa menggunakan pengaman. Pengaman yang berupa kondom dapat mencegah terjadinya iritasi yang terjadi pada vagina saat sedang berhubungan badan. Adapun hal ini merupakan hal kecil yang lupa untuk dilakukan. 

Kemudian selain itu, berganti – ganti pasangan juga tidak sehat karena setiap orang bisa saja membawa penyakit yang berbeda – beda. Jika hal tersebut dilakukan, maka bisa saja wanita dapat mengalami keputihan yang abnormal. Oleh karena itu, janganlah berganti – ganti pasangan dan tetap menjaga kesehatan organ intim dengan baik saat akan berhubungan badan.

       3. Terlalu sering membersihkan organ intim dan menggunakan sabun / losion mengandung parfum

Cara mencegah keputihan salah satunya adalah membersihkan organ intim. Namun jika selalu dibersihkan juga dapat menyebabkan keputihan yang tidak normal. Adapun keputihan dapat terjadi jika selalu membersihkan atau terlalu sering membersihkan organ dengan menggunakan semprotan air. 

Sebaiknya dilakukan secara berkala agar hal tersebut tidak dapat menyebabkan infeksi pada organ intim. Kemudian adapula pbagi para wanita yang ternyata senang menggunakan sabun atau losion juga dapat menyebabkan keputihan. Hal ini terjadi jika menggunakan sabun atau losion yang mengandung parfum atau pewangi.

Cara Mencegah Keputihan yang Baik

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab tentang keputihan, maka anda saatnya mengetahui pula tentang cara mencegah keputihan. Ada beberapa hal yang dapat mencegah agar tidak terjadi keputihan. Beberapa hal ini bisa dilakukan dan disarankan agar selalu memantau keputihan yang terjadi. Adapun keputihan yang tidak normal memiliki ciri – ciri seperti,

  • Cairan keputihan berwarna cokelat dan adanya bercak darah
  • Caran keputihan berwarna hijau dan berbuih
  • Cairan keputihan berwarna kelabu
  • Cairan berwarna putih abu – abu dan disertai bau amis.

Masing – masing warna tersebut merupakan tanda terjadi suatu penyakit pada organ intim, oleh karena itu perlu sekali anda mengetahui cara mencegah terjadinya Keputihan yang kurang normal. Berikut ini merupakan penjelasannya.

       1. Mengganti pembalut dengan teratur

Ini adalah salah satu cara mencegah keputihan yang cukup mudah untuk dilakukan. Caranya adalah dengan mengganti pembalut dengan teratur saat sedang mengalami menstruasi. Hal ini sangat mudah, namun kenyataannya sangat sulit pada praktiknya. Bagi para wanita yang malas mengganti pembalut sebaiknya mulai memperhatikan hal yang satu ini. 

Pasalnya hal ini sangat berkaitan sekali dengan kesehatan organ intim. Malas mengganti pembalut tidak hanya menyebabkan masalah keputihan saja, namun dapat menyebabkan penyakit lainnya yang dapat menyerang organ intim wanita. Oleh karena itu, pastikan rutin untuk selalu mengganti pembalut saat menstruasi.

       2. Bersihkan vagina dengan air hangat

Air hangat adalah salah satu cara mencegah keputihan yang bisa anda lakukan di rumah. Anda dapat menggunakan air hangat untuk membersihkan vagina setelah buang air besar ataupun buang air kecil. Setelah anda membilasnya dengan sabun dan air hangat kemudian anda keringkan. 

Hal ini dapat mencegah terjadinya keputihan dan melindungi organ intim dari bakteri yang dapat menginfeksi organ intim. Hal ini pula mencegah agar baketri – bakteri yang ada dalam dubur juga dicegah karena organ intim sudah dibersihkan dengan baik. 

Pastikan agar air yang digunakan tidak terlalu panas sehingga organ intim anda tidak mengalami iritasi akibat air yang digunakan terlalu panas.

       3. Hindari menggunakan celana dalam yang ketat dan gunakan berbahan katun

Salah satu cara mencegah keputihan lainnya adalah dengan menggunakan celana yang tidak ketat ataupun gunakan celana dalam yang nyaman. Celana dalam yang ketat juga dapat menyebabkan terjadinya keputihan karena organ intim dipaksa menyesuaikan dengan celana dalam yang sedang digunakan. 

Oleh karena itu sebaiknya anda megetahui ukuran celana dalam apa yang anda gunakan. Kemudian jika bisa, gunakan yang berbahan katun karena bahan tersebut dapat menyerap keringat dengan baik sehingga bakteri – bakteri di daerah organ intim tidak dapat berkembang dengan baik. Hal ini juga mudah dan dapat and lakukan di rumah.

       4. Setia terhadap pasangan dan rutin periksa ke dokter

Setia terhadap pasangan tidak hanya masalah perasaan saja, namun untuk masalah organ intim juga perlu. Pada dasarnya berganti – ganti pasangan untuk berhubungan badan dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit seks menular dan tentu saja keputihan. Oleh karena itu harus setia pada satu pasangan saja. 

Kemudian jika anda masih ragu tentang lendir yang keluar, maka anda bisa berkonsultasi kepada dokter. Hal ini juga sangat penting untuk selalu mengecek kesehatan organ intim agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Pastikan anda mengetahuinya dengan baik sebelum anda ke dokter.

Keputihan adalah salah satu hal yang normal dan tentu saja hal ini merupakan suatu tanda bag seorang wanita. Namun jika sudah ada tanda – tanda yang kurang baik, maka segeralah untuk konsultasi ke dokter untuk mendapatkan cara mencegah keputihan yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *