Cara Memakai Rok Lilit Yang Buat Stylemu Morekot

Cara Memakai Rok Lilit Yang Buat Stylemu Morekot

Bagi anda yang sering menghadiri acara-acara formal seperti pesta, kondangan, atau wisuda, rok lilit bisa menjadi alternative penunjang penampilan. Namun, tahukah anda cara memakai rok lilit?

Seiring dengan berkembangnya zaman, perubahan juga turut terlihat pada mode pakaian. Tidak hanya gaya busana barat dan korea, gaya-gaya klasik nan tradisional Nusantara pun kini mulai naik kembali. Rok lilit menjadi salah satunya. Banyak wanita kini menggunakan kain tradisional Indonesia ini menjadi pilihan berbusana, terutama untuk menghadiri acar-acara resmi, seperti pesta wisuda, dan pesta perkawinan. Cara memakai rok lilit juga termasuk mudah, tanpa perlu dijahit dan dapat disesuaikan sesuka hati pemakainya. Anda bisa menemukan berbagai jenis motif kain lilit dengan berbagai warna menarik untuk dipadu padankan dengan kebaya atau brukat yang senada.

Model Cara Memakai Rok Lilit Sesuai Jenisnya

Berbagai modelpun bisa anda buat sendiri dengan kreasi rok lilit. Bahkan, anda bisa menemukan rok yang sudah dililit atau dijahit sehingga tak perlu repot-repot melilit sendiri. Nah, agar lebih jelas, mari kita simak beberapa model rok lilit dan cara memakainya:

    1. Rok lilit model kulot

Untuk membuat model ini, pertama-tama rentangkan kain dengan bagian dalam menghadap ke anda. Lalu tempatkan salah satu bagian kain yang lebar pada bagian pinggang, lalu ikat kedua ujungnya dengan kencang agar tidak terlepas. Tarik sisa kain yang menjuntai ke bagian depan dengan melewati kedua kaki bawah lalu ikatkan ke bagian depan. Rok lilit model kulot anda sudah jadi. Model ini juga dapat digunakan untuk berbagai jenis bentuk tubuh.

    1. Rok lilit variasi ring

Sebagai pemanis, anda bisa menambahkan ring atau semacam gelang besi untuk mengaitkan kedua sisi rok. Untuk membuatnya, pertama-tama anda harus merentangkan kain kebelakang tubuh anda secara memanjang dengan bagian dalam menghadap tubuh. Tari kedua ujung kain kedepan lalu masukkan pada lubang ring dengan arah berlawanan. Lalu kencangkan kain yang membalut tubuh . Rapikan rok dibagian depan kemudian ikatkan sisa kain ke bagian belakang tubuh.

    1. Rok lilit model galembong

Model ini merupakan cara memakai rok lilit menggunakan kain khas Madura. Untuk membuatnya, caranya adalah sebagai berikut: Pertama, ikat kedua ujung kain dibelakang pinggang, sementara biarkan sisanya menjuntai kebawah. Kemudian ambil ujung kain yang menjuntai tersebut lalu masukkan melalui kaki kea rah belakang. Tarik kain hingga mencapai pinggang lalu ikat agar tidak terlepas. Rapikan. Anda juga bisa memakainya dengan kain pendek jika tak memiliki kain panjang. Hasilnya dijamin sama dan rapi.

    1. Lilit ikat pita

Nah, model ini paling banyk digunakan terutama oleh para pemula. Caranya cukup simple. Bentangkan kain batik, usahakan agar satu sisi lebih panjang. Lalu silangkan. Lilitkan sisi kain yang lebih panjang memutari pinggang hingga bertemu dengan sisi kain yang pendek. Lalu ikatlah pada bagian samping pinggang membentuk pola pita yang rapi. Kain anda sudah siap.

    1. Model draperi

Satu lagi model sederhana namun elegan, yaitu draperi. Caranya sangatlah mudah. Pertama, bentangkan kain dengan sama lebar pada kedua sisi. Kemudian silangkan kain dibagian depan perut. Lalu tarik kebagian belakang dan ikat agar tidak lepas. Rok anda sudah selesai. Bagi anda yang berhijab, jangan lupa untuk Memakai Celana Legging, Karena Model Ini Sedikit Memperlihatkan Kaki Bagian Bawah.

Padu Padan Rok Lilit Untuk Berbagai Acara

Setelah mengetahui cara memakai rok lilit dengan berbagai model dan bahan, anda juga harus tahu model baju apa saja yang cocok untuk dipadukan dengan rok lilit. Maka, berikut adalah beberapa rekomendasi atasan yang dapat dipadu padankan dengan rok lilit untuk berbagai acara:

    1. Batwing Blouse

Nah, bagi anda yang ingin tampil modern namun tetap sopan dan formal, Batwing Blouse sangat cocok anda padukan dengan bawahan rok lilit. Ciri khas dari blouse ini adalah bentuk lengan bawah yang lebar menyerupai sayap kelelawar (batwing) sehingga akan tampak serasi dengan rok lilit dengan model span. Agar tampak lebih manis, padukan dengan aksesoris kalung yang menjuntai di leher, dan bentuk jilbab atau tatanan rambut yang minimalis. Tampilan anda akan lebih sempurna dengan memakai heels atau sepatu berhak tinggi.

    1. Blouse dengan aksen renda

Agar terkesan lebih feminine, pemilihan atasan ber aksen renda juga tepat untuk padanan rok lilit. Anda bisa memilih warna senada dengan rok yang anda kenakan, tatanan jilbab minimalis, dan tentu saja sedikit aksesoris. Tampilan ini sangat cocok untuk acara semi formal, seperti menghadiri pesta.

    1. Semi kebaya lengan pendek

Bagi anda yang tidak berjilbab, rok lilit juga sangat pas dipadukan dengan semi kebaya berlengan pendek. Penampilan ini tentu saja terlihat sangat elegan dengan pemilihan warna yang sesuai. Anda juga bisa menambahkan aksen brukat untuk menghadirkan kesan elegan dan anggun namun tetap santai sekaligus formal. Padukan dengan tatanan gelungan rambut yang tidak terlalu formal agar terlihat sedikit casual.

    1. Tunik

Siapa bilang jika rok lilit tidak cocok dengan tunik? Bagi anda yang suka dengan sesuatu yang simple namun cocok untuk semua acara, tunik dan rok lilit ini bisa anda jadikan pilihan. Selain pemilihan warna, model tunik juga menjadi hal penting. Pilihlah semi tunik, yaitu model tunik dengan bagian belakang lebih menjuntai daripada bagian depan, sehingga model rok lilit anda lebih terlihat. Tambahkan sedikit aksesoris bernuansa bunga pada jilbab atau kalung anda agar terlihat lebih manis. Jangan lupa untuk menyempurnakannya dengan wedges atau heels agar lebih feminine.

    1. Atasan polos

Nah, model ini sangat digemari para wanita. Selain simple, atasan polos biasanya lebih mudah dipadukan dengan bawahan apa saja, termasuk rok lilit. Anda bisa menggunakan atasan gelap seperi hitam, biru dongker, atau maroon untuk dipakai bersama warna yang senada. Tak ada salahnya mencoba memadukannya dengan warna yang lebih cerah.

    1. Kebaya panjang

Setelah semi kebaya, anda bisa juga menggunakan kebaya utuh dengan aksesorisnya untuk perpaduan dengan rok lilit. Kebaya lengan panjang dengan renda dan sedikit brukat dibagian dada akan menambah kesan elegan dan anggun pada pemakainya. Gunakan high heels dan tas tangan agar penampilan anda semakin sempurna.

    1. Kaos lengan panjang

Ya, anda tidak salah baca. Rok lilit juga ternyata bisa dipadukan dengan kaos lengan panjang. Bagi anda yang berhijab, model ini tidak terlalu disarankan karena sedikit memperlihatkan lekuk tubuh. Nah, bagi anda yang tidak berhijab, model ini sangat cocok untuk acara semi formal seperti menghadiri pesta pernikahan, atau fashion show. Gunakan atasan lengan panjang yang sedikit ketat dan padukan dengan rok lilit untuk memperlihatkan model rok anda secara utuh. Sebaiknya jangan gunakan heels yang terlalu tinggi. Nah, anda bisa bermain dengan aksesoris dan tatanan rambut agar tampak mewah.

Nah, itulah tadi beberapa informasi mengenai cara memakai rok lilit dan atasan apa saja yang bisa anda padu padankan. Anda bisa memilih untuk menggunakan model yang sesuai dengan jenis acara yang akan anda hadiri. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *