Cara Melakukan Senam Aerobik Yang Benar Dan Mendapatkan Manfaat Besarnya.

Cara Melakukan Senam Aerobik Yang Benar Dan Mendapatkan Manfaat Besarnya.

Gerakan senam aerobic ada bermacammacam sesuai dengan partnya. Artikel ini membahas terkait dengan cara melakukan senam aerobik dengan gerakannya

Tubuh yang sehat adalah salahsatu syarat dari kebahagiaan maka menjaga kebugaran tubuh anda adalah hal yang mesti dilakukan. Memakan makanan yang sehat serta berolahraga adalah cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan kuat. Tentunya ketika anda memakan makanan yang sehat harus dengan porsi yang tepat dan dengan pemenuhan kandungan gizi yang tepat pula. Selain itu berorlahraga yang rutin seperti gerakan senam aerobik juga dapat membantu anda tetap sehat.

Banyak sekali gerakan aerobik bahkan anda dapat praktekkan sendiri dirumah tanpa harus repot. Melakukan senam aerobik juga dipercaya dapat menambah kebugaran dan kesehatan jantung. Melakukan senam aerobik juga dapat membakar kalori yang berlebih dan membakar lemak dalam tubuh jadi senam ini juga cocok dan pas untuk anda yang sedang melakukan diet dan menginginkan untuk mempuyai berat badan yang ideal.

Nah sebetulnya apa sih senam aerobik itu dan bagaimana  gerakan senam aerobik yang tepat dan mudah untuk dipraktekkan? Mari kita simak ulasan dibawah ini.

Senam aerobik dan Manfaatnya

Senam ini sebetulnya adalah senam yang ditujukan untuk meningkatkan denyut jantung dan memperlancar peredaran darah. Yang termasuk kedalam olahraga aerobik diantaranya adalah senam aerobik, berenang, bersepeda dan berlari namun senam aerobik lah yang paling populer dikalangan masyarakat. Apalagi pada saat car free day maka biasanya senam aerobik diadakan diantara kerumunan orang.

Gerakan senam aerobik sebetulnya adalah gerakan yang terdiri dari gerakan yang mengikuti irama musik dan untuk melatih pernafasan, otot serta jantung anda. Berikut manfaat dari senam aerobik bagi kesehatan dan tubuh anda.

        1. Mengurangi stress

Melakukan senam aerobik dapat meningkatkan produksi hormone endofrin dalam tubuh hal itu yang menyebabkan anda terhindar dari stress. Apalagi jika senam aerobik dilakukan saat car free day. Sambil melakukan senam aerobik anda juga berekreasi pada minggu pagi bersama dengan pasangan atau keluarga. Maka kombinasi antara melakukan senam aerobik dan  berekreasi akan menjauhkan anda dari tekanan pekerjaan dan ingatan yang membuat anda stress.

        2. Menyehatkan jantung

Dengan melakukan gerakan senam aerobik akan meningkatkan pacu dan denyut jantung anda. Otot jantung anda akan terlatih, aliran darah akan semakin lancar dan pacu jantung akan terlalih karena gerakan senam. maka bagi anda yang ingin memelihara kesehatan jantung ada baiknya anda melakukan senam aerobik secara rutin. 

        3. Mengurangi resiko darah tinggi

Senam aerobik dapat mengurangi resiko darah tinggi, karena gerakan aerobik merupakan gerakan akan  menjadikan kita rileks, sehingga resiko terkena darah tinggi akan semakinS kecil. Gerakan-gerakan senam aerobik menyebabkan aliran darah keseluruh tubuh sehingga dapat menurunkan resiko darah tinggi. 

        4. Menurunkan kolesterol

Melakukan senam aerobik dapat meningkatkan kerja dari jantung dan memperlancar peredaran darah sehingga dapat terhindar dari penumpukan kolesterol dalam peredaran darah dan akan menghancurkan penumpukan kolesterol dalam pembuluh darah. 

        5. Menurunkan berat badan

Senam aerobik yang dilakukan secara rutin dapat membantu untuk membakar lemak dan kemudian menurunkan berat badan, selain memperlancar peredaran darah ternyata juga olahraga ini dapat membantu menurunkan berat karena gerakannya yang menguras keringat sehingga dapat menurunkan berat badan.

        6. Menjaga kesehatan otot

Gerakan senam aerobik juga membantu untuk melenturkan otot tubuh kita sehingga otot lebih fleksibel dan tidak kaku. Otot yang kaku seringkali menyebabkan pegal-pegal, nyeri otot dan kram yang sering terjadi. Dengan melakukan senam ini hal tersebut dapat diminimalisir sedemikian rupa sehingga anda terhindar dari kram otot, nyeri otot dan pegal-pegal.

        7. Menjaga kesehatan tulang dan sendi

Dengan melakukan gerakan yang aktif serta rutin gerakan senam ini dapat menjaga kesehatan tulang dan sendi. Dengan meregangkan tulang dan sendi dan membuatnya bergerak sebetulnya akan memperpanjang kekuatan dari tulang dan sendi itu sendiri. Semakin tidak digerakkannya tulang dan sendi maka akan semakin kaku dan menyebabkan nyer sendi dan tulang.

        8. Meningkatkan kesehatan pernafasan

Orang yang jarang berolahraga cenderung mempunyai nafas yang tidak teratur dan juga nafas yang tidak kuat bertahan lama. Berbeda dengan orang sering berolahraga maka nafasnya akan terjaga dan lebih teratur karena ketika bergerak aktif dan rutin paru-paru akan ikut terlatih dalam mengatur nafas.

        9. Meningkatkan stamina

Selain menjaga pernafasan bergerak dengan aktif dan rutin akan membantu anda meningkatkan stamina dan daya tahan. 

        10. Mengontrol kadar gula dalam tubuh

Gerakan yang aktif dan dinamis akan membantu membakar lemak dan kalori dalam tubuh  sehingga apabila dilakukan dengan rutin maka kadar gula dalam tubuh dan dan kalori akan dibakar untuk mengurangi resiko diabetes.

Gerakan dasar senam aerobik

Gerakan senam aerobik sebenarnya sangatlah sederhana. Terdiri dari pemanasan, gerakan inti dan pendinginan. Nah mari kita lihat gerakannya dibawah ini.

        1. Pemanasan 

Pemanasan sangatlah penting dalam melakukan senam aerobik. Ingat anda jangan asal dalam melakukan gerakan senam. salah salah anda bisa terkilir, kram otot dan salah urat dalam melakukan gerakan senam tersebut. Ada baiknya sebelum anda melakukan gerakan senam ini anda melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan melakukan peregangan dan  sedikit mengatur nafas agar tubuh anda siap dalam melakukan gerakan aerobik.

        2. Gerakan inti

Gerakan ini terdiri dari beberapa gerakan yang saling terkait satusama lainnya. Nah berikut gerakan yang bisa anda jadikan referensi dirumah.

        3. Marching

Gerakan ini adalah gerakan yang dilakukan dengan mengangkatkat kaki seperti berjalan ditempat dengan mengangkat kaki setinggi 90 derajat.

        4. Jogging

Berjalan ditempat seperti berjalan jinjit dengan seksama mengikuti irama. Berbeda dari marching kali ini tidak perlu mengangkat kaki.

        5. Kicking

Gerakan dengan cara mengayunkan tungkai ke depan, kanan, kiri dan belakang.

        6. Single step

Gerakan kaki melangkahkan kedepan, belakang, kanan dan kiri yang dilakukan secara berurutan mengikuti irama musik yang berjalan.

        7. Doube step

Gerakan kaki melangkah kedepan, belakang, kanan dan kiri yang dilakukan sebanyak dua atau 3 langkah lebih dengan berurutan dan dengan mengikuti irama musik.

        8. Gripevire

Gerakan melangkahkan kaki secara menyilang kedepan dan kebelakang dengan mengikuti irama.

        9. Leg curl

Gerakan ini dilakukan dengan menekukkan kaki kebelakang tubuh dengan mengikuti irama musik.

        10. Heel touch

Gerakan dengan menyentuk tumit kaki secara bergantian dengan tangan dan dengan mengikuti alunan musik yang dijalankan.

Nah itulah dia sudah kita bahas bersama terkait dengan gerakan senam aerobik berserta dengan manfaat yang sangat banyak sekali terkandung didalamnya. Bagi anda yang menginginkan tubuh yang segar dan bugar ada baiknya anda secara rutin melakukan senam ini baik secara mandiri ataupun dengan bantuan instruktur senam anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *