Bedak Untuk Kulit Berminyak Yang Rekomen Dan Termurah

Bedak Untuk Kulit Berminyak Yang Rekomen Dan Termurah

Pemilik kulit berminyak kerap kali kesulitan memilih bedak yang cocok. Namun anda jangan khawatir, karena artikel ini akan memberikan rekomendasi bedak untuk kulit berminyak terbaik.

Bagi sebagian orang, memiliki kulit berminyak menjadi hal yang menyebalkan terutama wanita. Bagaimana tidak, para pemilik kulit berminyak biasanya beresiko 2 kali lebih besar untuk terkena jerawat daripada mereka yang berkulit normal. Selain itu, jarangpula ada bedak untuk kulit berminyak yang cocok. Maka, mereka harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk menajag kulit agar tidak terlalu berminyak.

Penyebab Kulit Berminyak

Penyebab kulit berminyak juga bermacam-macam, diantaranya:

  1. Makanan yang berlemak

Bagi anda yang suka mengkonsumsi makanan-makanan berlemak seperti santan, gorengan, dan berbagai jenis makanan berlemak, anda akan beresiko memiliki kulit berminyak. Selain itu, makanan yang diolah dengan proses yang tidak sehat seperti digoreng berkali-kali juga dapat memicu timbulnya jerawat.

  1. Hormon

Selain faktor makanan, faktor hormonal juga menjadi penyebab kulit berminyak. Kondisi seseorang seperti saat menstruasi (bagi wanita), memasuki masa pubertas bagi remaja, dan juga saat-saat tertentu lainnya memang tak bisa dihindari. Maka, anda harus mengkontrol aktivitas anda agar tidak memicu lebih banyak minyak yang diproduksi oleh kulit.

  1. Kosmetik

Kosmetik juga ternyata berpengaruh terhadap kondisi kulit seseorang. Bagi anda yang sering berganti-ganti kosmetik, cobalah untuk berhenti melakukannya. Pakailah satu produk yang cocok, karena wajah anda akan lebih berminyak dari biasanya. Hal ini karena kulit wajah akan memproduksi minyak secara terus menerus untuk menyesuaikan diri dengan bahan aktif yang terdapat dalam bedak anda.

  1. Genetik

Faktor yang satu ini memang tidak bisa dihindari. Orangtua yang memiliki kulit berminyak akan cenderung memiliki keturunan yang ber kulit berminyak juga. Namun, anda jangan khawatir. Meskipun tak bisa dihindari, namun ini bisa dicegah.

  1. Kebiasaan

Kegiatan ringan seperti menyentuh wajah dengan tangan, jarang mencuci rambut, jarang membersihkan bantal, spre dan selimut juga dapat memicu timbulnya minyak berlebih pada wajah.

Cara Merawat Kulit Berminyak

Nah, lalu bagaimana cara merawat kulit berminyak? Sebenarnya, minyak tidak bisa benar-benar dihilangkan dari kulit. Hal ini karena kulit secara otomatis memproduksi minyak untuk mempertahankan kelembapa alaminya. Tanpa minyak, kulit akan menjadi kering dan keriput. Namun jika minyak sudah berlebih, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk merawat kulit berminyak, antara lain:

  1. Mencuci muka

Menjaga kebersihan wajah sangatlah penting. Jika anda merasa kulit ada sudah sangat berminyak, cucilah dengan air dingin. Gunakan sabun pencuci wajah khusus untuk kulit berminyak seperti biasa agar minyak berkurang.

  1. Minum air putih

Selain cuci muka, memperbanyak minum air putih akan mengurangi minyak pada wajah anda. Hal ini karena air putih memppercepat proses metabolism, maka keringat akan mengandung sedikit minyak.

  1. Rajin menggunakan toner

Selain mencuci wajah secara rutin, anda juga perlu menggunakan toner secara teratur untuk mendapatkan kulit yang segar dan tidak berminyak. Kandungan toner dipercaya mampu menyeimbangkan kadar minyak yang diproduksi oleh kulit, sehingga anda tak perlu khawatir untuk memakainya.

  1. Menggunakan pelembab secara teratur

Selain toner, anda juga wajib menggunakan pelembab untuk mengurangi efek berminyak pada wajah. Pilihlah pelembab yang mengandung anti astringent dan anti bakteri. Kedua kandungan ini terbukti ampuh untuk menyerap minyak yang berlebih pada wajah.

  1. Menggunakan paper oil

Untuk mengurangi minyak secara cepat dan instant, anda bisa menggunakan paper oil atau kertas minyak untuk menyerap kadar minyak berlebih. Cara kerjanya cukup mudah, letakkan kertas minyak ke permukaan wajah yang berminyak, lalu diamkan beberapa detik. Jangan menekan atau menggeser kertas karena akan membuat minyak menyebar kemana-mana.

  1. Masker putih telur

Anda bisa menggunakan putih telur untukk meredakan produksi minyak berlebih pada wajah. Gunakan masker ini secara rutin untuk hasil terbaik.

  1. Mentimun

Mentimun sangat baik untuk anda jadikan masker terutama bagi anda yang memiliki kulit kering dan berminyak. Kandungan air dalam mentimun dipercaya ampuh untuk menyerap kadar minyak berlebih pada wajah. Hasilnya, wajah anda akan tampak segar dan bersih.

  1. Tomat

Siapa sangka sayur mungil ini bisa dijadikan obat ampuh untuk meredakan kulit berminyak. Caranya, haluskan 3 buat tomat lalu oleskan secara merata kewajah sebelum tidur. Biarkan meresap selama 15 menit, lalu cuci dengan air bersih.

Jenis Bedak Untuk Kulit Berminyak

Setelah mengetahui cara mengurangi berminyak pada wajah, bedak untuk kulit berminyak apa sajakah yang sebaiknya digunakan?

  1. Bedak tabur

Ya, bedak tabur sangat cocok bagi anda yang memiliki jenis kulit berminyak. Selain simple, bedak tabur dapat dengan cepat menyerap minyak yang ada pada wajah.  Selain itu, bedak tabur juga relative ringan dan mudah untuk dibersihkan sehingga sangat cocok bagi anda yang tak menyukai make up tebal dan sesuai untuk kegiatan sehari-hari, seperti pergi ke sekolah, kantor, kampus, dan lain-lain. Sapukan secara merata bedak tabur favorit anda untuk aktifitas sehari-hari.

  1. Bedak padat

Selain loose powder atau bedak tabur, anda juga bisa menggunakan bedak padat untuk mengurangi kadar minyak pada wajah. Kandungan bedak padat yang lebih lengkap biasanya sangat cocok digunakan untuk menutup seluruh permasalahan yang ada pada wajah untuk sementara, seperti kulit berminyak, bekas jerawat, dan belang. Sebaiknya pilihlah bedak yang matte agar tidak terlalu mengkilap saat dipakai. Anda bisa menggunakan berbagai jenis merk yang dapat ditemui di berbagai toko online dan minimarket.

  1. Bedak bayi

Jika anda masih ragu untuk menggunakan bedak dewasa, gunakanlah bedak bayi untuk mengurangi kadar minyak pada wajah. Kandungannya yang ringan dan relative cocok bagi seluruh jenis kulit dapat membantu anda mendapatkan tampilan wajah yang segar dan lembab, tanpa minyak berlebih diwajah.

  1. Bedak dingin

Sebenarnya, bedak dingin bukanlah bedak seperti kebanyakan bedak pada umumnya. Namun itu adalah sejenis ramuan yang digunakan orang-orang dahulu untuk menghasilkan kulit yang bersih, terbebas dari jerawat, dan juga kulit berminyak. Ramuan ini terdiri dari kunyit, tepung beras, dan temulawak yang dihaluskan menjadi satu, lalu diambil saripati nya untuk kemudian dijadikan masker sebelum tidur. Ketiga bahan ini terbukti ampuh untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah.

  1. Baby cream

Selain bedak-bedak untuk orang dewasa, baby cream juga sebenarnya bisa anda gunakan untuk mengurangi minyak pada kulit wajah. Fungsi utamanya yaitu melembabkan kulit bayi yang masih sensitif, namun bisa juga menjaga keseimbangan kadar minyak pada wajah, sehingga wajah Nampak sehat dan segar. Biasanya baby cream juga digunakan sebagai masker dan skin food sebelum tidur.

Itulah tadi informasi seputar kulit berminyak mulai dari penyebab, cara merawat, sampai bedak untuk kulit berminyak yang bisa anda gunakan sehari-hari. Dengan mengetahui informasi tersebut, kita dapat mencegah hal-hal yang membuat kulit makin berminyak yang memicu muculnya jerawat dan komedo. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *