Beberapa Persiapan Penting Sebelum Fitting Pakaian

Beberapa Persiapan Penting Sebelum Fitting Pakaian

Bagi Anda yang berada pada lingkungan desain fashion tentu sudah akrab dengan istilah fitting. Selengkapnya tentang persiapan penting sebelum fitting pakaian dapat Anda simak pada artikel berikut ini.

Dunia fashion sudah sangat akrab dengan istilah pengepasan atau fitting. Biasanya hal ini berhubungan dengan fitting pakaian baik itu berupa pakaian biasa maupun fitting baju pengantin bagi mereka yang akan melaksanakan pernikahan. Lazimnya memang kegiatan persiapan penting sebelum fitting pakaian ini berlaku untuk jenis pakaian formal atau pernikahan yang sebelumnya sudah dipesan pada seorang desainer. Jika menelaah penjelasan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa kegiatan fitting tersebut tidak hanya dibutuhkan oleh para model saja, akan tetapi juga berlaku bagi masyarakat pada umumnya yang akan membeli sebuah pakaian di seorang desainer.

Persiapan penting sebelum fitting pakaian menjadi hal yang harus diperhatikan dengan baik bagi mereka yang terjun dalam dunia fashion. Namun, tak menutup kemungkinan juga bagi mereka yang akan membeli sebuah produk fashion harus melewati tahap ini. Meskipun tak semua jenis pakaian harus melewati tahapan ini, namun ada baiknya Anda tetap memperhatikan beberapa hal seputar fitting. Lantas apa sebenarnya kegunaan dari fitting pakaian dan apa saja persiapan yang perlu dilewati? Selengkapnya dapat Anda simak pada ulasan artikel berikut ini.

Definisi dan Tujuan Dilakukannya Fitting

Trend fashion dewasa ini tengah mengalami kemajuan yang pesat. Beragam jenis fashion mulai dipamerkan para desainer kenamaan. Kombinasi produk dengan mengangkat tema pakaian tradisional, akseseoris mewah maupun hal lainnya menjadikan banyak bermunculan pakaian dengan model terbaru dan menarik. Salah satunya adalah gaun pengantin muslimah simpel tapi elegan.

Sebelum membawa pulang pakaian, biasanya seseorang akan melewati tahapan fitting lengkap dengan aneka persiapan penting sebelum fitting pakaian tersebut. Berbicara tentang kegiatan fitting, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan salah satu istilah fashion tersebut. Fitting atau pengepasan merupakan kegiatan untuk mencoba aneka baju atau pakaian yang sudah dipesan sebelumnya pada seorang desainer.

Perlu Anda ketahui bahwa tak semua jenis pakaian harus melewati tahapan ini, hal tersebut hanya berlaku untuk jenis pakaian formal, pesta, maupun pernikahan. Lantas apa sebenarnya tujuan dari kegiatan fitting tersebut? Tak lain dan tak bukan adalah untuk mendapatkan pakaian secara sempurna dari segi ukuran. Dengan melewati tahapan fitting, maka seorang desainer dapat mengamati bagian mana yang terlalu besar maupun kecil dari sebuah pakaian yang dipesan untuk selanjutnya dapat dilakukan pembenahan agar sesuai dengan bentuk tubuh Anda.

Bagi seseorang yang akan menikah atau seseorang yang sibuk akan rutinitas harian, bukan tidak mungkin jika berat badannya akan turun atau naik. Hal ini tentu berimbas pada pakaian yang dipesan, agar tetap pas dengan tubuh maka seseorang harus melewati tahapan fitting. Namun tetap saja Anda harus memperhatikan persiapan penting sebelum fitting pakaian seperti yang akan dijelaskan pada pembahasan berikutnya.

Beberapa Persiapan Penting Sebelum Fitting Pakaian

Setelah Anda menyimak mengenai hal-hal yang berkaitan dengan fitting pakaian, seperti definisi dan tujuan kegiatan tersebut. Lantas apa saja hal-hal yang harus diperhatikan sebelum fitting pakaian? Selengkapnya Anda dapat menyimak ulasannya berikut ini.

        1. Konsultasikan dengan Desainer Pilihan

Hal pertama yang harus dipersiapkan oleh Anda sebelum melakukan fitting pakaian adalah mengonsultasikan segala hal dengan desainer pilihan. Hal-hal yang dimaksudkan bisa seputar aksesoris yang digunakan, model pakaian dan lain sebagainya. Konsultasikanlah hal tersebut dengan rinci untuk meminimalisir kesalahan yang biasa saja terjadi. Terutama untuk jenis baju pengantin modern terkini yang sarat akan aneka aksesoris.

       2. Perkirakan Waktu Fitting

Selanjutnya Anda harus memperkirakan waktu untuk melakukan fitting. Biasanya untuk seseorang yang akan melangsungkan pernikahan, membutuhkan waktu perkiraan sekitar enam minggu sebelum diadakannya acara tersebut. Persiapan penting sebelum fitting pakaian ini dapat dipersingkat menjadi beberapa minggu sebelum hari H dengan catatan Anda harus mengontrol berat badan Anda dan memberikan gambaran rinci desain yang Anda inginkan.

       3. Pilihan Pakaian dalam yang Tepat

Meski terlihat sepele namun bagi perempuan harus memperhatikan pakaian dalam yang digunakan. Bra yang mengandung busa maupun hal lain berupa pengait bra menjadi dasar yang harus benar-benar diperhatikan. Tentu hasil akhirnya akan berbeda ketika seorang tersebut memakai bra khusus atau bra biasanya. Bentuk dan lekukan tubuh yang terlihat dari gaun yang dikenakan akan meninggalkan kesan berbeda. Untuk itu, persiapan penting sebelum fitting pakaian ini harus diperhatikan dengan saksama.

        4. Jaga Berat Badan Anda Agar Tetap Ideal

Naik turunnya berat badan akan berpengaruh besar pada pakaian yang Anda pesan. Misalnya saja ketika Anda memesan berat badan Anda adalah 57kg, namun selang beberapa minggu sebelum hari H Anda mengalami penurunan berat badan menjadi 53kg. Meski penurunan berat badan tidak terlalu kentara, tentu akan berakibat pada beberapa bagian pakaian yang menjadi tidak pas. Untuk itu, Anda harus melakukan fitting dalam beberapa tahapan seperti fitting awal dan fitting akhir. Anda pun harus mengimbanginya dengan melakukan diet untuk menjaga berat badan tetap ideal.

        5. Perhatikan Bahan yang Digunakan

Hal yang tak kalah penting dibandingkan dengan persiapan penting sebelum fitting pakaian lainnya adalah memperhatikan bahan yang digunakan. Pilihlah bahan yang Anda rasa nyaman untuk digunakan, terutama bagi Anda yang menderita alergi akan suatu bahan tertentu. Tentu bahan pakaian menjadi hal yang benar-benar harus diperhatikan dengan baik. Perpaduan aneka jenis bahan juga harus diperhatikan agar Anda mendapatkan desain pakaian yang tepat sesuai keinginan Anda.

        6. Kenali Jenis Alas Kaki yang Akan Dipakai

Hal sepele lainnya yang ternyata juga penting untuk diperhatikan adalah jenis alas kaki yang akan digunakan. Perbedaan pemakaian alas kaki ternyata memang memengaruhi hasil akhir dari pakaian yang Anda pesan sebelumnya. Jika Anda mengenakan alas kaki dengan hak tinggi tentu pakaian yang Anda pesan harus menampilkan kesan anggun dan tidak terlalu menjadi masalah ketika panjangnya melebihi ukuran tinggi badan. Akan berbeda hasilnya jika Anda memilih mengenakan alas kaki berhak rendah atau justru flat shoes.

        7. Percayakan Semuanya Pada Desainer Anda

Dari sekian banyaknya persiapan sebelum fitting pakaian, hal yang harus Anda perhatikan dengan saksama adalah mempercayakan sepenuhnya hal yang berkaitan dengan pakaian Anda pada desainer. Ketika Anda telah memberikan gambaran pakaian yang Anda inginkan melalui desain, Anda hanya perlu memberikan kesempatan pada desainer untuk mengerjakan produk tersebut. Sepanjang proses tersebut, Anda bisa melakukan konsultasi maupun komplain ketika ada bagian yang tidak Anda sukai.

Nah itu dia penjelasan rinci mengenai aneka persiapan penting sebelum fitting pakaian yang perlu Anda perhatikan dengan saksama. Meski bukan suatu keharusan bagi sebagian jenis pakaian, namun untuk jenis pakaian formal tentu akan membawa dampak yang cukup signifikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *