Alasan Mengapa Kamu Harus Melakukan Scrub Wajah

Alasan Mengapa Kamu Harus Melakukan Scrub Wajah

Untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan sehat bisa dilakukan dengan cara scrub. Simaklah 7 alasan mengapa kamu harus melakukan scrub wajah berikut ini.

Untuk mendapatkan penampilan yang sempurna, permainan make up saja tidaklah cukup. Kondisi kulit wajah yang sehat dan ternutrisi dengan baik juga memegang peran penting akan kecantikan yang anda miliki. Wajah yang jarang dibersihkan tentu akan mudah berjerawat akibat endapan kotoran dan polusi yang menempel. Salah satu cara efektif untuk membersihkan wajah secara alami adalah dengan melakukan scrubing. Anda harus tahu alasan mengapa kamu harus melakukan scrub wajah. Kegiatan ini secara umum adalah untuk membersihkan kulit wajah dari sel-sel kulit mati yang bisa menimbulkan berbagai permasalahan kulit.

Agar lebih efektif dan mudah, scrubing biasanya dibarengi dengan produk yang memang diciptakan untuk itu seperti mineral pilling water, atau produk apapun yang memiliki fungsi serupa. Tak hanya produk buatan pabrik, bahan-bahan alami di sekitar anda juga bisa dimanfaatkan untuk scrubing. Anda hanya perlu melakukannya secara rutin dan telaten untuk menndapatkan hasil yang maksimal.

Tips Scrubing Wajah Yang Efektif

Meskipun baik, melakukan scrub wajah ini tak bisa dilakukan sembarangan. Anda harus mempertimbangkan jenis kulit wajah agar tak salah. Berikut tips scrubing wajah yang efektif berdasarkan jenis kulit:

  • Kulit berminyak

Bagi anda yang memiliki kulit berminyak, scrubing wajah dengan bahan yang mengandung asam salisilat akan efektif mengurangi produksi minyak berlebih.

  • Kulit sensitive

Jika kulit anda tergolong sensitive, sebaiknya hindari scrub yang berbahan kasar. Gunakan scrub dengan butiran halus.

  • Kulit kering

Untuk tipe kulit ini, sebaiknya gunakan scrub yang mengandung olive oil atau almond untuk menyeimbangkan kadar minyak, sehingga kulit anda akan terasa lebih lembab dan tidak terlalu kering.

  • Kulit normal

Tipe kulit ini cenderung lebih mudah untuk di scrub. Anda hanya perlu scrub yang mengandung papaya. Kandungan vitaminnya mampu membuat kulit anda lebih cerah dan berseri.

Alasan Mengapa Kamu Harus Melakukan Scrub Wajah

Namun, tahukah anda apa sebenarnya apa alasan melakukan scrub wajah secara rutin? Secara ilmiah, beberapa hal dibawah ini akan anda alami jika anda tidak pernah melakukan scrubing wajah sama sekali:

  1. Kulit tampak kusam

Hal pertama yang akan anda alami jika anda tidak pernah melakukan scrubing sama sekali adalah kulit mulai kusam. Hal ini karena sel-sel kulit mati tak kunjung dibersihkan, sehingga menghambat pertumbuhan sel kulit baru. Hasilnya, kulit akan terlihat kering dan kasar dan secara perlahan akan menghitam. Bahkan penggunaan make up pun jadi tidak maksimal karena tidak terserap secara optimal oleh kulit.

  1. Bruntusan dan komedo

Setelah kulit kusam semakin parah, anda mungkin akan mengalami bruntusan yang tumbuh menjamur dan tak terkendali. Hal ini karena produksi minyak berlebih pada wajah yang tidak tersalurkan dan tidak segera dibersihkan. Akibatnya, dia akan tumbuh menonjol keluar menjadi bruntusan. Selain itu, wajah juga akan mudah berkomedo, baik white head maupun black head.

  1. Berjerawat

Jika sudah mulai kusam dan kering, hal terparah selanjutnya yang mungkin saja akan anda alami adalah jerawat. Ya, dapat dibayangkan bagaimana jadinya jika sel-sel kulit mati dan juga kotoran yang mengendap di pori-pori tidak dibersihkan dengan segera. Produksi minyak di wajah akan tidak terkendali sehingga menyebabkan jerawat pada wajah. Selain itu, bekas-bekas jerawat juga akan sulit untuk dihilangkan.

  1. Pori-pori besar

Pori-pori memang selalu dalam kondisi terbuka, karena ia merupakan tempat tumbuhnya bulu dan rambut pada tubuh. Namun, pori-pori akan terus membesar dan terlihat jelas di wajah jika anda jarang atau bahkan tidak pernah melakukan scrub. Hal ini karena kotoran dan debu masuk dan mengisi pori-pori sehingga ia akan mengembang.

  1. Keriput

Penggunaan make up dan paparan polusi yang terjadi secara terus menerus akan memicu sel kulit mati untuk muncul. Jika tak sering dibersihkan, tanda-tanda penuaan akan segera muncul pada wajah anda. Garis halus dan keriput akan jelas muncul pada wajah meskipun anda belum berusia 30 keatas. Dengan scrub, sel kulit mati tadi akan terangkat dan berganti dengan sel kulit baru yang lebih kencang sehingga membuat wajah terlihat segar dan berseri.

5 Manfaat Scrub

Setelah mengetahui 5 alasan mengapa kamu harus melakukan scrub wajah, berikut manfaat scrub yang harus kamu ketahui.

  1. Kulit yang cerah dan berseri

Setiap hari, kulit akan menghasilkan sel-sel kulit mati yang akan menyumbat pori-pori jika dibiarkan. Nah, proses scrub inilah yang membantu sel kulit mati terangkat dari wajah. Dengan melakukan scrub secara rutin, wajah anda akan terlihat lebih cerah dan berseri secara alami.

  1. Menghilangkan jerawat dan komedo

Selain efektif mengangkat sel kulit mati, scrub wajah secara teratur juga membantu menghilangkan jerawat dan komedo yang muncul. Bahkan, bekas jerawat yang hitam dan membandel juga akan berkurang seiring dengan seringnya anda melakukan scrub wajah.

  1. Mengencangkan kulit

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, jika anda tidak pernah melakukan scrub, keriput dan garis halus akan muncul di wajah. Maka, melakukan scrub bisa anda lakukan untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini serta mengencangkan kulit. Andapun akan terlihat awet muda.

  1. Membuat kulit lebih sehat

Tak hanya karena sel kulit mati terangkat dengan sempurna, gerakan scrub dengan pijatan lembut akan menstimulasi dan memperlancar sirkulasi darah, sehingga sel-sel kulit baru akan segera tumbuh. Dengan begitu, wajah anda tetap sehat dan lebih segar.

  1. Penyerapan skincare lebih baik

Saat kulit anda bersih dari sel-sel kulit mati, penggunaan skin care akan jauh lebih efektif karena kulit akan menyerap dengan maksimal bahan-bahan yang ada pada skincare tersebut. Akibatnya, wajah anda akan lebih mudah untuk di rias. Bahkan menggunakan make up pun akan terasa jauh lebih mudah.

Efek Samping Terlalu Sering Srub Wajah

Setelah mengetahui manfaat scrub bagi wajah, anda tentu tak ingin melewatkan kegiatan ini bukan? Namun jangan terburu-buru. Meskipun scrub dapat meningkatkan kesehatan kulit wajah dengan mengangkat sel kulit mati, terlalu sering melakukan scrub juga ternyata berbahaya bagi kesehatan. Diantaranya, anda akan akan mengalami:

  1. Iritasi

Penggunaan scrub yang terlau sering akan membuat kulit anda mudah iritasi. Hal ini karena pegelupasan kulit yang terus menerus akan membuat sel kulit normal juga akan terangkat.

  1. Kulit bertambah tipis

Seiring dengan banyaknya sel kulit mati yang terangkat, kulit anda justru akan menipis. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya gunakan lotion sesaat setelah melakukan scrubing.

  1. Kulit kemerahan

Ketika kulitmu semakin menipis, dia akan cenderung kemerahan dan disertai dengan rasa panas di bagian tertentu. Jika hal ini terjadi, segera hentikan pemakaian scrub selama beberapa waktu sampai kulit anda normal kembali.

Informasi tentang akibat penggunaan scrub ini menjadi bagian akhir dari artikel ini. Pada intinya, anda harus melakukan scrub di wajah sesuai dengan porsinya. Jika beberapa dari alasan mengapa kamu harus melakukan scrub wajah diatas mulai muncul, sebaiknya segera lakukan scrubing. Namun jangan lupa untuk kenali dahulu jenis kulit anda. Semoga hari anda menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *